Pasukan Muhammad Sinen Kalahkan Bela Jangi di Tuguwaji Event 1-0

Foto: suasana pembukaan Tournament Tuguwaji

TIDORE - Tournament Tuguwaji Event ke III Tahun 2022 resmi digelar, salah satu ajang olahraga sepak bola bergengsi di Kota Tidore Kepulauan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Selasa (10/5/2022) kemarin, di Stadion Marimoi Kelurahan Tuguwaji.

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen dalam sambutannya berharap, kegiatan Tournament Tuguwaji Event III, dapat melahirkan bibit-bibit baru untuk dibina menjadi atlet sepak bola yang diharapkan mampu berprestasi dan membawa nama Kota Tidore Kepulauan pada kancah nasional.

"Saya berharap event ini mampu melahirkan bibit-bibit baru dan berprestasi agar mampu membawa nama Kota Tidore Kepulauan ke event yang lebih tinggi di kancah pertandingan sepak bola berskala nasional," tutur Muhammad Sinen.

Lebih lanjut, orang nomor dua di Kota Tidore Kepulauan itu mengatakan, Hal ini juga tidak terlepas dari peran penting Asosiasi Sepak Bola (ASKOT) Kota Tidore Kepulauan, untuk itu ia berharap kepada organisasi ASKOT agar membuat program-program dalam pembinaan atlet sepak bola yang ada di Kota Tidore Kepulauan dengan baik.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada bulan maret 2022 lalu, tim Persikota mewakili Maluku Utara dalam pertandingan Sepak Bola Soeratin Cup di Kota Malang Jawa Timur, meskipun Persikota belum masuk sampai di babak final akan tetapi penampilannya sangat luar biasa dan mampu mengalahkan beberapa tim terbaik dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia hingga masuk ke putaran delapan besar," imbuh Muhammad Sinen.

Mengakhiri sambutannya, Muhammad Sinen berpesan agar ajang sepak bola Tournament Tuguwaji Event ke III ini jangan hanya dilihat dari besarnya bonus yang diberikan, namun event ini juga diharapkan mampu mempersatukan dan menjalin persaudaraan serta silaturahim antar sesama.

Dalam laga Pembuka Tuguwaji Event III Tahun 2022 ini, mempertemukan Tim Asuhan Muhamma Sinen, yakni Bintang Selatan Fc, dari Kelurahangan Tongowai Vs Bela Jangi, dari Kelurahan Indonesiana.

Meskipun diguyur hujan cukup deras, Dalam pertandingan itu, Bintang Selatan, sukses meraih kemenangan dengan skor 1-0, berkat sundulan kepala dari Ajuar Usman, pemain bernomor punggung 16, yang berhasil memanfaatkan umpan sudut dari kaki M. Sebastian Veron, pemain bernomor punggung 23.

Ketua Curva Bintang Selatan, Muhammad Amrullah, mengatakan, dalam pertandingan selanjutnya, Bintang Selatan akan berhadapan dengan Kheho FC, dari Kabupaten Halmahera Tengah.

Pimpinan Sporter Bintang Selatan ini, mengaku siap mengawal Bintang Selatan dalam setiap pertandingan, bahkan ia meminta kepada seluruh pendukung Bintang Selatan, baik yang ada di Kelurahan Tongowai, maupun dari luar Keluraha Tongowai, untuk terus memberikan support kepada Pemain Bintang Selatan, hingga berhasil meraih juara dalam Tournament Tuguwaji Event Ke III Tahun 2022.

"Kemenangan Bintang Selatan merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. sebagai pendukung, kami ucapkan terimakasih kepada, Pelatih, Pemain dan Pengurus Bintang Selatan, teristimewa buat Managaer Bintang Selatan, Ayah Erik (Muhmamad Sinen) yang telah menaruh kepedulian serius terhadap Tim Bintang Selatan maupun pendukungnya," ujar Ula, sapaan akrab Muhammad Amrullah.

Sementara, Ketua Panitia Tuguwaji Event, Yamin Saleh dalam laporannya mengatakan, Tournament Tuguwaji Event ini merupakan event yang ketiga kalinya, yang mana event ini cukup lama vakum kurang lebih 20 tahun lalu, yang pertama di tahun 2000 dan yang kedua di tahun 2001 silam.

"Event ini sudah direncanakan akan digelar beberapa tahun lalu, namun seiring terjadinya bencana non alam Pandemi Covid-19 sehingga tournament ini baru dapat terlaksana pada tahun 2022 ini, adapun tujuan utama penyelenggaraan tournament ini yaitu menggalang dana untuk renovasi total masjid fastabiqul khairat Kelurahan Tuguwaji," Tutur Yamin

Yamin juga menambahkan, Tournament ini juga sebagai wadah bagi para pemain, pelatih dan official untuk menyalurkan bakatnya di bidang sepak bola. Adapun tim yang turut berpartisipasi yaitu sebanyak 28 tim dari klub sepak bola di Provinsi Maluku Utara, 23 tim dari Kota Tidore, 4 tim dari Kota Tidore dan 1 tim dari Halmahera Tengah.

"Pertandingan ini direncanakan berlangsung selama kurang lebih 1 setengah bulan kedepan, dan tim yang berhasil keluar sebagai juara pada tournament ini akan mendapatkan piala bergilir dan piala tetap serta memperebutkan total bonus sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah)," jelas Yamin

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Asisten dan Staf Ahli Walikota, Unsur Forkopimda serta Para Pimpinan OPD di lingkup Kota Tidore Kepulauan.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga