KTNA Malut Berbagi dengan Petani dan Nelayan di Tidore

Foto: Ketua KTNA Maluku Utara M.Rahmi Husen saat menyerahkan paket sembako kepada perwakilan nelayan

TIDORE - Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Maluku Utara melakukan kegiatan berbagi dengan sejumlah petani dan nelayan di Kota Tidore Kepulauan, yang berlangsung di PPI Goto.

Kegiatan KTNA Berbagi ini merupakan ajang silaturahmi perdana pengurus KTNA Maluku Utara dengan petani dan nelayan di Kota Tidore Kepulauan.

Ketua KTNA Provinsi Maluku Utara Rahmi Husen mengatakan bahwa petani dan nelayan merupakan profesi paling dominan di Maluku Utara, sehingga KTNA hadir sebagai wadah bagi petani dan nelayan.

"Kita bisa lihat bersama bahwa potensi petani dan nelayan di Maluku Utara sangat luar biasa, hal itu di buktikan dengan kemajuan dan produksi petani dan nelayan di Maluku Utara,"kata Rahmi, Jumat (29/4/2022).

Dalam kegiatan berbagi tersebut, Rahmi berharap agar para petani dan nelayan bisa memberikan ide dan gagasan terhadap KTNA, sehingga keberadaan KTNA bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya di Maluku Utara.

"Tentunya di Tidore perlu sentuhan dan binaan, sehingga kedepannya kami akan menginventarisi segala potensi yang ada dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat," tukasnya.

Rahmi menambahkan, kita lihat secara bersama terkait kemajuan dan produksi petani dan nelayan, produksi kopra, pala cengkeh dan hasil lainnya dan juga sektor perikanan Maluku Utara mempunyai ikan cakalang dan tuna yang dikirim lokal ke Bitung, Surabaya dan Jakarta dan juga di ekspor sampai ke Amerika, Jepang dan Vietnam.

"Intinya kita memiliki potensi yang luar biasa dan ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua mari kita bersatu padu marimoi ngone futuru untuk kemajuan petani dan nelayan di Maluku Utara," tambah dia.

Hal senada juga ditambahkan oleh Wakil Ketua I M.Tahsim Fabanyo yang juga merupakan Kepala BP3D Wilayah IV Dinas Perikanan Provinsi Maluku Utara.

Dia mengatakan bahwa KTNA merupakan mitra pemerintah akan terus membantu nelayan, salah satunya di PPI Goto Kota Tidore Kepulauan yang sudah tersedia SPBUN dan nelayan di Tidore bisa mendapatkan BBM baik yg bersubsidi maupun non-subsidi, tentunya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

"Untuk yang bersubsidi tentunya dengan menggunakan kartu kusuka untuk yang 5 GT kebawa dan dan diatas 5 GT untuk membeli Solar juga harus mendapatkan rekomendasi dari pejabat yang berwenang,"terangnya.

Usai bertatap muka dengan para petani dan nelayan, Ketua KTNA Provinsi Maluku Utara secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada para petani dan nelayan.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga