Sekda Tidore Pimpin Apel Operasi Ketupat

Foto: Penyematan pita secara simbolis oleh Sekda Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo

TIDORE - Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah 2022 Masehi, Polres Tidore pada Jum'at (22/4/2022) kemarin menggelar Apel Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri yang dipusatkan di Halaman Polres Tidore Kelurahan Goto.

Apel gabungan yang melibatkan unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP dengan mengusung tema "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2022 Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H".

Pada kesempatan apel pasukan tersebut, Sekertaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mendapat kehormatan bertindak selaku Inspektur Upacara, Apel ini juga diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Sejumlah Pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam sambutan tertulis dibacakan Sekertaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo selaku inspektur upacara mengatakan, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat-2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 - 9 Mei 2022.

"Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara,"cetusnya.

Lanjut Ismail, Operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu.

Selain itu, pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14 s.d. 27 April 2022, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain-lain serta tetap menggelar Operasi “Aman Nusa II-Penanganan Covid-19” khusus di wilayah polda se- Jawa dan Bali.

"KRYD akan dilanjutkan kembali pasca operasi Ketupat-2022 yaitu pada tanggal 10 s.d. 17 Mei 2022 untuk mengantisipasi arus balik yang mungkin masih terjadi serta penanganan Covid-19"terangnya.

Apel pasukan Operasi “Ketupat-2022” ini ditandai dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari TNI, Polri, Dinas perhubungan dan Satpol-PP.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga