Buka Musrenbang, Begini Kata Wali Kota Tidore

Foto: Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menyampaikan sambutan pada Musrenbang RKPD Pemerintah Kota Tidore Tahun 2023 di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulaun, Capt Ali Ibrahim secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang) Tahun 2022, dalam rangka Penyususunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 dengan tema “ Penguatan Pusat-pusat Pelayanan dan Kawasan Strategis yang Mendukung Pembangunan Sumberdaya Manusia, Pembangunan Ekonomi dan Pengembangan Pariwisata” bertempat di aula Sultan Nuku, kantor Walikota Tidore, Jum'at (1/4/2022).

Wali Kota Tidore Kepulaun, Capt. Ali Ibrahim dalam sambutanya Hari ini kita berkumpul bersama dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023. Musrenbang RKPD merupakan agenda tahunan guna menyepakati permasalahan, prioritas pembangunan , program dan kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun berikutnya.

Ali Ibrahim berharap agar agenda ini tidak sekadar agenda rutin sebagai pemenuhan regulasi, tapi benar-benar dilaksanakan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

“ Saya perlu menekankan bahwa perencanaan tahun 2023 yang dirumuskan pada hari ini, harus tetap memperhatikan indikator dan target pembangunan yang telah dirancang didalam RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026” tutur Ali.

Lanjut Ali Indikator Kinerja Kunci (IKU) akan menjadi indikator untuk mengukur keberhasilan pencapaian Visi dan Misi Kepala Daerah, Indikator Kinerja Kunci (IKK) akan digunakan untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah, Standar Pelayanan Minimal (SPM) digunakan untuk mengukur penyelenggaraan urusan wajib pelayanan dasar, serta proyek strategis pemerintah daerah digunakan untuk mendukung percepatan pembangunan.

Sementara, Kepala Bappelitbang Kota Tidore Kepulauan Abdul Rasyid Fabanyo dalam laporannya menyampaikan, tujuan diselenggarakannya Musrenbang ini guna membahas berbagai masukan dan usulan dari stakeholders.

Hal ini dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kota Tidore Kepulauan untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan RAPBD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023.

Musrenbang RKPD ini di laksanakan selama 1 hari yaitu pada hari kamis tanggal 31 Maret 2022, bertemapta di Aula Sultan Kantor Walikota Kepulauan yang di ikuti kurang lebih 200 orang yang terdiri dari Para Staf Ahli, Asisten Setda, Para Pimpinana OPD, Camat berseta delegasi Kecamatan se Kota Tidore Kepuluan, Pimpinan OKP dan Kelompok Kepentingan strategis lainnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga