Pemkot Tidore Akan Launching Pemakaian Pakaian Adat

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, menghadiri Kongres ke-V Jaringan Kota Pusaka Indonesia

TIDORE - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, pada Kamis (10/03/2022) mendatang bakal melaunching pemakaian baju adat yang akan dipakai pada setiap hari Kamis.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore Kepulauan Asis Hadad, kepada sejumlah wartawan mengatakan, pemakaian baju adat di lingkungan kerja Pemerintah Kota Tidore merupakan hal yang lazim.

" Pemakaian pakaian adat ini kita sering menggunakan seperti pada rangkaian kegiatan-kegiatan budaya yang sering di lakukan contohnya seperti Hari Jadi Tidore (HJT)," kata Asiz, Selasa (8/3/2022).

Lebih lanjut, kata Asiz, pemakaian baju adat tersebut sebelumnya sudah tertuang dalam peraturan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan nomor 7 Tahun 2017 tentang pengakuan perlindungan adat istiadat dan budaya masyarakat hukum adat Kesultanan Tidore.

" Tentunya hal ini harus diapresiasi, karena melalui penggunaan pakaian adat ini kita membudayakan cinta pada adat yang kita miliki," terangnya.

Namun, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan baru menggunakannya secara permanen setiap hari yang itu diatur dalam peraturan Walikota Nomor 70 Tahun 2021 tentang pemakaian Dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerja Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

" Aturan ini mulai diberlakukan pada bulan Maret 2022 ini," tutupnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga