Wali Kota Tidore Resmikan Kegiatan Siaga Bencana

Foto: Walikota ALi Ibrahim (bertopi) membuka kegiatan penguatan kelembagaan bencana yang ditandai dengan pemukulan Dolo-dolo

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menghadiri sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Penguatan Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kota Tidoe Kepulauan di Aula Penginapan Yusmar Kelurahan Sofifi Kecamatan Oba Utara, Rabu (9/2/2022).

Wali Kota Ali Ibrahim mengatakan, Kota Tidore Kepulauan memiliki 8 Kecamatan salah satunya Kecamatan Oba Utara yang rentan sekali dengan bencana, baik hujan deras yang menyebabkan banjir, tanggul penahan roboh.

Terputusnya jalan penghubung bahkan sempat beberapa rumah warga yang dihantam angin kencang pada beberapa pekan kemarin, ditambah gelombang tinggi yang sempat ke darat dan merendam beberapa perumahan warga, belum juga pergeseran lempengan tanah.

Kondisi ekstrim dan pergerakan tanah ini harus selalu diwaspadai oleh seluruh masyarakat karena dapat terjadi longsor, bangunan roboh, dan jalan amblas sewaktu-waktu.

Untuk itu orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini berharap dengan diadakannya pelatihan ini, seluruh peserta terutama pemuda dan pemerintah memiliki kemandirian untuk beradaptasi dan bersiap siaga menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dari dampak bencana, ketika terjadi bencana.

Dengan kata lain pemuda dan masyarakat di Kecamatan Oba Utara diharapkan mengetahui potensi bencana yang dapat terjadi, mempersiapkan untuk menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana, serta dapat melakukan langkah-langkah antisipatif utuk mengurangi dampak bencana.

“Saya berpesan kepada pihak Kecamatan, terutama para pemuda, peserta yang keterwakilan desa dan kelurahan, untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan serius karena Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk keselamatan diri sendiri dan keluarga anda mengasah kemampuan mitigasi bencana, serta mempertajam intuisi atas apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana” tutur Ali Ibrahim.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kota Tidore Kepulauan Muhammad Abubakar dalam laporannya megatakan bahwa kegiatan Penguatan Penanggulangan Bencana bertujuan untuk mewujudkan pemuda-pemudi di Kota Tidore Kepulauan yang terampil tangkas dan tangguh serta memiliki kemampuan teknis di lapangan dalam rangka penanggulangan bencana.

Kegiatan Penguatan Penanggulangan Bencana diikuti sebanyak 100 orang peserta, dilaksanan selama tiga hari terhitung tanggal 8 sampai 10 Februari tahun 2022 dengan dengan menghadirkan pemateri dari Deputi Bidang I Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Iis Yulianti dan Direktur Bidang II Rehabilitas dan Rekontruksi BNPB Jhony Sambung.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga