Dukung Sail Tidore 2022, Begini Kata Sultan

Foto: Sultan Tidore Husain Sjah

TIDORE - Perjuangan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dibawah kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen, dalam mensukseskan Agenda Sail Tidore Tahun 2022. Mendapat dukungan dari Sultan Tidore, Husain Sjah, yang juga merupakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI).

Bahkan, Sultan juga turut membantu Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan untuk memperjuangkan kelancaran agenda Sail Tidore, di internal DPD maupun jajaran Kementerian terkait.

Itu dibuktikan melalui komunikasi-komunikasi lintas sektor, misalnya ke DPR-RI, Maupun ke sejumlah Menteri, agar dapat memberikan dukungan penuh terkait pelaksanaan Sail Tidore di 2022.

Pasalnya, agenda Sail Tidore ini, tidak hanya sebatas bertaraf Nasional melainkan Internasional. Bahkan lewat momentum tersebut, berbagai Negara di Eropa yang tergabung dalam Anggota Global Network Of Maghelan Cities (GNMC), juga akan hadir untuk menyaksikan penyelenggaran kegiatan tersebut.

"Kita tidak boleh membiarkan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan jalan sendiri, olehnya itu, lewat lembaga DPD, saya juga telah menyampaikan ke Ketua DPD untuk menyampaikan ke DPR RI agar dapat menseriusi kegiatan ini," ungkapnya saat dihubungi melalui telephone, Kamis, (3/2/2022).

Lebih lanjut, Sultan menjelaskan, posisi DPD terhadap pelaksanaan Sail Tidore, itu hanya sebatas melakukan pengawasan dan memberikan pertimbangan, untuk mengeksekusi kegiatan tersebut, anggarannya melekat pada DPR RI dan Kementrian terkait. Olehnya itu, ia menaruh harapan besar kepada DPRD Kota Tidore Kepulauan dan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan agar intens membangun komunikasi dengan jajaran kementrian.

"Ketika beberapa kali bertemu dengan Menkomaritim, pak Luhut dan Menteri Luar Negeri, Ibu Retno, itu sudah sering saya sampaikan, dan mereka mensupport sangat luar biasa. Tinggal bagaimana kemudian Wali Kota dan berbagai OPD dilingkup Pemkot Tidore Kepulauan memainkan peran mereka," tandasnya.

Sultan menyarankan, dalam momentum Sail ini, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sudah harus menyiapkan satu event tahunan yang bertaraf Nasional, misalnya ada beberapa even di Tidore seperti Kampung Nelayan Tomalou, Festival Maitara dan hajatan Tobo Safar di Mafututu, itu bisa digabungkan menjadi satu agenda untuk dilakukan event Nasional dalam setiap tahun berjalan.

"Kalau di Halbar ada event Festifal Teluk Jailolo, Ternate ada Festival Perahu Kora-Kora. Kita berharap di Tidore bisa melahirkan satu event Nasional yang berkaitan dengan Kemaritiman, sebagai identitas Tidore," ujarnya.

Sultan berharap, agenda Sail Tidore di Tahun 2022 ini, juga bisa menjadi agenda Masyarakat Tidore pada khusunya dan Maluku Utara pada umumnya. Olehnya itu, keterlibatan Masyarakat dalam pelaksanaan agenda tersebut, menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Daerah.

"Saya berharap Sail Tidore yang telah kita rintis secara bersama ini, dapat memposisikan Tidore dan Maluku Utara, sebagai bagian terpenting di Republik ini. Maka dari itu, sebagai Anggota DPD Dapil Maluku Utara, saya sangat siap membantu Pemerintah Daerah jika dibutuhkan," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga