Dinas PU Usul Rp150 Miliar untuk Dukungan Sail Tidore 2022

Foto: Abdul Muis Husein Kadis PU Kota Tidore Kepulauan || Anto/jarita.id

TIDORE - Untuk menyambut pelaksanaan Sail Tidore Tahun 2022, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tidore Kepulauan. Dibawah pimpinan Abdul Muis Husein, selaku Kepala Dinas, terus berupaya memperjuangkan sejumlah Program yang nantinya akan direalisasi sebelum pelaksanaan Sail.

Program tersebut, diantaranya Pembenahan Tanjung Kelurahan Soasio, dalam hal ini pembangunan turap dinding penahan tanah dan pendistrian pada sisi pantai Tanjung Kelurahan Soasio. Pendistrian atau Perbaikan Trotoar disepanjang pusat kota, dan perbaikan jalan yang berstatus Nasional yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

"Kemarin kami sudah melakukan pertemuan dengan Kementrian PUPR, semoga usulan kami ini dapat diakomodir sebelum pelaksanaan Sail," ungkap Kepala Dinas PUPR, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (31/1/2022).

Ia menegaskan, upaya mensukseskan Sail Tidore ini, telah menjadi perjuangan bersama Pemerintah Daerah Kota Tidore, DPRD Kota Tidore Kepulauan dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Selain usulan yang disampaikan Dinas PUPR Kota Tidore Kepulauan, ada juga banyak usulan yang disampaikan Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara dalam rangka membangun Tidore jelang pelaksanaan Sail.

"Usulan yang kami sampaikan itu secara keseluruhan bernilai sebesar 140 Miliar, mudah-mudahan dapat diakomodir, sehingga kita tinggal melakukan pembagian kerja, misalnya program apa saja yang akan dilakukan Dinas PUPR Kota Tidore Kepulauan, dan Program apa saja yang akan dilakukan Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara," tambahnya.

Lebih lanjut, Muis belum bisa memastikan atas keseriusan Pemerintah Pusat dalam merealisasikan program yang diusulkan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan maupun Pemerintah Provinsi Maluku Utara, itu dikarenakan pada tahun 2022 ini, Pemerintah Pusat sedang diperhadapkan dengan 4 event Nasional dan Internasional.

Diantaranya, Pelaksanaan Balap Motor GP, Mandalika, MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan, Pertemuan Anggota G20 di Bali, dan Pelaksanaan Sail Tidore.

"Adanya 4 event Nasional dan Internasional ini tentu akan menguras Anggaran Negara, tetapi prinsipnya kami telah berupaya dan mengusulkan berbagai program ke kementrian. Besar harapannya, jika Pemerintah Pusat belum bisa akomodir secara keseluruhan, minimal setengah dari usulan yang disampaikan, dapat diakomodir, sehingga pemerintah bisa mengucurkan anggaran senilai Rp. 70 - 80 Miliar ke Tidore," jelasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga