Pengamanan Wilayah, TNI-Polri di Tidore Apel Gabungan

Apel gabungan TNI-Polri di Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Komando Kodim 1505/Tidore Letkol Inf Bunzamin Jayatri dan Kapolres Tidore Kepulauan AKBP. Yohanes Julung Siram, memimpin apel gelar pasukan TNI-Polri dalam rangka pengamanan wilayah di Kota Tidore Kepulauan, bertempat di lapangan apel Makodim 1505/Tidore, Jl. Mayor Daud Kelurahan Goto, Kecamatan Tidore, Jumat (28/1/2022).

Dandim 1505/Tidore dalam amanatnya mengatakan, Apel gabungan kali ini dimana untuk mengecek Kesiapsiagaan personil kodim 1505/Tidore dan Polres Tidore Kepulauan yang siap dalam mengantisipasi perkembangan situasi diwilayah.

" Faktor terjadinya suatu permasalahan dimana disebabkan oleh beberapa faktor diataranya masalah ideologi, ekonomi, sosial budaya, sumber daya alam, tapal batas antara daerah baik di Kabupaten/Kota maupun antara Kecamatan dan Kelurahan," ungkap Dandim.

Bunzamin Jayatri juga meminta kepada aparat kewilayaan yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas agar mampu melakukan deteksi dini dan cegah dini serta mampu menghindari provokasi yang mengakibatkan terjadinya perpecahaan, serta harus mampu melaporkan semua kejadian yang terjadi di wilayah.

"Peran TNI-Polri dalam menciptakan situasi dan kondisi kemanan yang kondusif selama ini sudah berjalan dengan sangat baik, karena sudah terbukti dengan sinergitas Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam mengawasi dan menjaga kondusifitas wilayah mereka masing-masing. Sebab itu, melalui kegiatan apel gabungan yang kita laksanakan, diharapkan dapat menjaga stabilitas keamanan wilayah Kota Tikep dari semua permasalahan yag timbul," harap Dandim.

" Semua aparat kewilayahan agar mari mendukung program pemerintah dalam rangka memerangi wabah covid 19 serta meningkatkan vaksinasi," ajak Dandim.

Senada juga diungkapkan oleh Kapolres Tidore Kepulauan AKBP. Yohanes Jalung Siram, kata dia, TNI-Polri harus menjaga sinergisitas dalam menjaga keamanan, sehingga masyarakat dapat menikmati Kamtibmas diwilayah Kota Tidore Kepulauan.

" Sehingga semua akifitas dan mobilitas dapat berjalan tertib, aman dan tentram, apabila ada suatu permasalahan yang terjadi akan mengganggu semua stabilitas keamanan, untuk itu aparat kewilayahaan harus segera melakukan pencegahan sehingga tidak terjadi permasalahan besar yang merusak tatanan kehidupan bermasyarakat," tuturnya.

Kata Yohanes, Apel gabungan ini dalam rangka menunjukkan kepada masyarakat, bahwa dalam kondisi apapun TNI-Polri siap melaksanakan tugas dalam menjaga situasi Kota Tidore Kepulauan dan sekitarnya tetap kondusif.

"Sebagai aparat keamanan yang ada di wilayah ini, sudah sepantasnya kita TNI-Polri untuk selalu bekerja sama dan tetap solid dalam menciptakan dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, tetap selalu waspada dan apabila menemukan hal-hal yang menonjol agar segera dilaporkan," tutup Kapolres.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga