Jalan Kuburan Desa Garojou Akan Diperbaiki

Muhammad Abubakar Kepala Pelaksana BPDB Kota Tidore Kepulauan || Anto/jarita.id

TIDORE - Setelah diterpa banjir bandang akibat hujan deras baru-baru ini, membuat akses jalan menuju kuburan Desa Garojou Kecamatan Oba Utara mengalami rusak berat, bahkan jalan tersebut ikutan longsor.

Untuk itu, dalam waktu dekat, Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan akan melakukan perbaikan. "Sehari dua kemungkinan sudah bisa dikerjakan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Tikep, Muhammad Abubakar, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, (24/1/2022).

Selain jalan kuburan di Desa Garojou yang diperbaiki, kata Muhammad, pihaknya juga akan menuntaskan persoalan Banjir di Dusun Balisosa, Desa Balbar dan Persoalan Banjir di Desa Oba Kecamatan Oba Utara. Karena diwaktu hujan, dua wilayahnya itu, airnya sering meluap sampai ke rumah warga.

"Untuk banjir yang terjadi di Desa Oba, itu karena tembok tepinya terlalu rendah, sehingga kami akan melakukan perbaikan dengan menambah ketinggian pada tembok tebing setinggi 1 Meter," ujarnya.

Untuk di Pulau Tidore, Muhammad mengaku terdapat di Kelurahan Seli Kecamatan Tidore, dan Kelurahan Doyado Kecamatan Tidore Timur. "Untuk Seli itu kami hanya tinggal melakukan perbaikan drainase yang nilainya kurang lebih 20 Juta, sementara di jembatan Doyado itu kami sudah buat usulan ke Balai untuk segera dilakukan perbaikan," tuturnya.

Sementara untuk Kelurahan Indonesiana, tepatnya di perempatan lampu merah menuju Pasar Sarimalaha yang kerap menjadi langganan banjir, Muhammad bilang, hal itu terjadi karena saluran air di areal tersebut sudah dipenuhi dengan tanah serta adanya penumpukan sampah di dalam saluran air. Sehingga pihaknya sudah turun untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Kemarin waktu kami lakukan pengangkutan sampah itu, kurang lebih sebanyak 8 Dam," ujarnya.

Olehnya itu, untuk menuntaskan permasalahan di Kelurahan Indonesiana, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Tikep untuk memperbaiki Saluran Air yang ada disana. "Kami sudah koordinasikan dengan Dinas PUPR, selanjutnya nanti mereka yang tindaklanjut," tuturnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga