Siswa SMP Negeri 1 Tidore Kena Tipu

Ilustrasi penipuan

TIDORE - Aksi penipuan kembali terjadi di Kota Tidore Kepulauan, kali ini penipuan tersebut mengatasnamakan guru dan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan, sehingga kurang lebih sebanyak 6 orang siswa ditipu hingga mentransfer uang sebesar Rp1 juta rupiah.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan Muriyono Hamid saat dikonfirmasi oleh awak media membenarkan terkait dengan kasus penipuan yang mengatasnamakan guru dan kepala sekolah itu.

" Iya, ini adalah salah satu kejadian yang membuat keluarga besar SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan resah karena mengatasnamakan kepala sekolah dan guru yang ditujukan kepada siswa," kata Muriyono, Kamis (6/1/2022).

Kata Muriyono, aksi penipuan yang dilakukan oleh Orang Tak Dikenal (OTK) itu dengan cara menelpon para siswa dari meminta pulsa hingga meminta uang sebesar Rp1 juta rupiah dengan mengatasnamakan guru di SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan.

" Ada dari siswa yang kirim pulsa Rp100, sedangkan yang mengaku kepala sekolah itu ditransfer uang sebesar Rp1 juta rupiah," ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, Muriyono lantas mengirimkan pesan suara kepada semua sekolah baik SMP maupun SMA melalui grup WhatsApp untuk tidak lagi menggubris panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal dengan mengatasnamakan guru maupun kepala sekolah dari SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan.

" Saya langsung mengirimkan pesan suara via grup WhatsApp kepada siswa SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan dan sekolah lainnya untuk tidak lagi melayani panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal, sebab ini penipuan sudah merajalela," cetusnya.

Untuk itu, pihaknya berencana melaporkan kasus penipuan tersebut kepada pihak berwajib sehingga dapat diusut tuntas, dengan harapan menjaga nama baik sekolah SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan.

" Kami rencana untuk melaporkan kasus ini ke Polres Tidore Kepulauan, selain itu kami juga mendapatkan informasi bahwa sudah ada orang tua siswa yang melaporkan kasus tersebut," jelasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga