Wali Kota Tidore Ajak Wali Kota se-Indonesia Saling Support

Foto Bersama

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim yang juga selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komwil VI menghadiri APEKSI Autlook Event 2021, di Sigera village, Kota Denpasar Bali, pada Sabtu (18/12/2021) kemarin.

Kegiatan ini merupakan bagian untuk merefleksi peristiwa dan kebijakan yang terjadi sepanjang 2021 sekaligus mendapatkan gambaran 2022 bagi para kepala daerah.

Selain itu, kehadiran para kepala daerah ini sebagai bentuk dukungan terhadap Bali, khususnya Kota Denpasar dalam membantu recovery economy bagi daerah yang sangat bergantung pada sektor pariwisata.

Kegiatan yang diawali dengan jalan santai dari pantai Hyaant menuju segara Village beach Sanur Bali yang diikuti oleh 42 Wali Kota se-Indonesia.

Event APEKSI Outlook dilanjutkan dengan pertemuan Wali Kota beserta Ketua Dekranasda se-Indonesia sekaligus juga dilakukan orasi singkat dari masing-masing perwakilan wilayah APEKSI, salah satunya adalah Ketua Apeksi Komwil VI Capt. Ali Ibrahim dengan membahas politik ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komwil IV Capt. Ali Ibrahim saat menyampaikan orasi pada Autlook Event ini mengatakan, kondisi pandemic pada saat ini masih melanda membuat APEKSI Komwil VI mencoba untuk mencari terobosan dalam mencapai apa yang menjadi program pemerintah pusat.

" Oleh karena itu, anggota APEKSI Komwil IV merupakan daerah kepulauan sehingga menjadi penting bagi kami untuk menggalang kerjasama antar kota tidak hanya dalam lingkup APEKSI Komwil IV akan tetapi dengan anggota Komwil lainnya yang memiliki persamaan geografis," kata Ali Ibrahim.

Ketua APEKSI Komwil VI yang juga Wali Kota dua periode ini juga berharap melalui apeksi sinergi ini anggota Komwil VI bisa saling bahu membahu menyelesaikan masalah yang ada di Kota masing-masing.

Sementara, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Direktur Charta Politika, Yunarto Wijaya dan Staf Khusus Menteri Keuangan, Maysita Cristallin, sekaligus ditutup dengan pidato akhir tahun oleh Ketua APEKSI Bima Arya dengan harapan melalui event APEKSI Outlook 2021 ini dapat mendorong kebangkitan ekonomi.

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor ,Bima Arya mengatakan bahwa kegiatan Apeksi Autlook ini juga bagian dari dukungan APEKSI untuk saling mendorong, mendukung, itulah semangat APEKSI.

"Selain membantu Bali, kita juga ingin mendorong produk unggulan di setiap kota dengan pameran. Program pemulihan ekonomi ini kita mulai dari Bali untuk Indonesia," ungkap Bima.

Bima Arya mengimbau masyarakat terus menjaga kesehatan di masa pandemi dan menguatkan sinergi kerjasama pemerintah dengan pihak swasta serta sebagai bentuk refleksi dan review tahun 2021 dengan menatap tahun 2022.

Perlu diketahui juga bahwa APEKSI Outlook Event 2021 diisi berbagai rangkaian acara, mulai dari Mayor Talks, 2021 Review, 2022 Outlook hingga Culture Show dan Expo di Segara Village Denpasar, untuk memperkenalkan produk dan budaya daerah anggota APEKSI.

Kota-kota yang mengikuti pameran antara lain Kota Bogor, Medan, Denpasar, Batu, Lampung, Probolinggo, Jambi, Malang, Blitar, Padang, Makassar, Pontianak, Mojokerto, Tebing Tinggi dan Ternate.

Kegiatan APEKSI Autlook Event 2021 ditutup dengan persembahan fashion show dari beberapa Kota yang menampilkan Busana atau pakaian adat yang digunakan oleh masing-masing Kota.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga