Dukung STQ Nasional Dengan Cara Divaksin

Saiful Salim Kabid P2P Dinkes Tidore || Foto: dano folasimo

TIDORE - Tinggal beberapa hari lagi, pembukaan STQ Tingkat Nasional  akan dihelat, Kota Tidore Kepulauan sebagai tuan rumah hajatan Nasional tersebut, tentunya harus mendukung penuh STQ Tingkat Nasional ini.

Sebagai salah satu upaya dukungan yang diberikan masyarakat Kota Tidore Kepulauan adalah dengan mengikuti program vaksinasi Covid-19.

" Kami sangat berharap masyarakat untuk beramai-ramai melakukan vaksinasi, ini sangat penting guna memberikan kekebalan tubuh terhadap virus covid-19, dengan semaikn banyak masyarakat yang telah divaksin, tentunya akan membentuk yang namanya herd immunity atau kekebalan kelompok," kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Tidore Saiful Salim saat diconfirmasi, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, saat pelaksanaan STQ nanti tentunya banyak orang yang berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan lebih khusus di Sofifi, olehnya itu untuk melindungi diri, keluarga, lingkungan dan daerah ini dari resiko penularan covid-19 dengan cara mengikuti vaksinasi.

Selain itu, kita juga melindungi para tamu khafilah-khafilah dan rombongan dari 33 Provinsi di Indonesia yang akan berkunjung ke Sofifi, Tidore Kepulauan.

" Ini sangat penting mengingat saat ini Kota Tidore Kepulauan sudah zona kuning dengan kategori resiko rendah dan tidak ada lagi kasus positif aktif covid-19 atau nol kasus positif aktif, tentunya kita harus menjaga ini," jelasnya.

Pria yang kerab dipanggil Ipul ini menambahkan, data terbaru sampai saat ini per tanggal 30 September 2021 Kota Tidore Kepulauan masih berada di 3 besar capaian vaksinasi di Provinsi Maluku Utara, setelah Pulau Morotai dan Kota Ternate.

" Meski berada diurutan ke-3 capaian vaksinasinya, masih terbilang rendah karena dari total sasaran sebanyak 86.996 jiwa yang harus divaksin, kita masih di angka 25,91% atau 22.554 jiwa yang telah menerima vaksin dosis satu," ungkapnya.

Lanjut Ipul, sedangkan untuk vaksin dosis tahap kedua Kota Tidore masih diangka 13,45% atau 11.699, masih tersisah 64.442 jiwa masyarakat Tidore yang belum divaksin dosis pertama.

" Target dan harapan kami, Agara sebelum pembukaan STQ Nasional digelar yakni pada tanggal 16-25 Oktober 2021 mendatang, capaian vaksinasi kita sudah capai 35% atau kisaran 32 ribu jiwa yg harus sudah divaksin, sesuai dengan target yang diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," tuturnya.

Kata Ipul, hal tersebut tentunya sangat membutuhkan peran dari semua pihak dan kesadaran masyakat Kota Tidore Kepulauan untuk mendukung keberhasilan capaian vaksinasi ini.

Untuk itu, masyarakat Kota Tidore Kepulauan diminta untuk mendatangai fasilitas kesehatan dalam hal ini Puskesmas atau pos pelayanan vaksinasi lainnya di Kota Tidore Kepulauan.

" Seperti mobile vaksinasi yang dilakukan Tim Vaksinator dari Puskesmas yang terjun langsung ke Kelurahan/ Desa atau vaksinasi massal yang dilajukan pada titik-titik tertentu agar berbondong- bondong untuk vaksinasi agar Kota Tidore Kepulauan bisa terbentuk Herd Immunity," harapnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga