Wali Kota Tidore Sebut Wagub Keliru

Foto: Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim

TIDORE - Dianggap tidak menerima kritikan untuk sebuah pembenahan guna melancarkan kegiatan berskala nasional yakni Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) yang berpusat di Sofifi. Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim kembali menyebut Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara, Al Yasin Ali, keliru dalam menyampaikan statement di Media.

Pasalnya, jika Wagub benar-benar peduli terhadap STQ, tentu saat ini persiapannya sudah akan jauh lebih baik, dan kekurangan-kekurangan dilapangan juga tidak terlalu banyak, misalnya seperti pembersihan, penyelesaian pekerjaan Masjid Raya dan lain sebagainya.

"Kalau dia (Wagub) bilang pernyataan saya tidak berdasar, kenapa begitu banyak kekurangan yang ditemukan, bahkan kesiapannya juga belum terlalu baik," pungkasnya, Senin (27/9/2021).

Menurut Wali Kota dua periode ini, Wagub yang merupakan pendamping Gubernur seharusnya membantu Gubernur untuk memperhatikan kesiapan STQ, jika ada kendala atau kekurangan, maka seharusnya dilakukan evaluasi, bukan malah membela diri dan melempar tanggungjawab. Dengan alasan STQ sudah ada Panitia, Sekda dan Gubernur. Padahal, ia sendiri juga memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan.

" Ini bukan soal saling menyalahkan sebagaimana yang ditudingkan Wagub ke saya, tapi hal ini sudah seharusnya kita saling memperbaiki. Karena hajatan ini adalah hajatan Nasional," tandas Ketua Dewan Kehormatan PDIP Kota Tidore Kepulauan itu.

Ali membeberkan, jika Wagub merasa dirinya sangat peduli terhadap STQ, lantas kenapa segala persiapan mengenai peran dan tanggungjawab dari masing-masing Daerah terutama Kota Tidore Kepulauan tidak dibicarakan sedari awal, melainkan pada saat mendekati STQ baru dibicarakan dan dikoordinasikan.

" Kalau yang saya lihat peran Wagub sangat lemah, sehingga Gubernur harus meminta ke saya dan Pak Wakil untuk membantu kelancaran STQ," tuturnya.

Kendati demikian, Orang nomor satu dilingkupi Pemkot Tidore Kepulauan ini menegaskan, dirinya telah mengerahkan dukungan sepenuhnya untuk kesukseakan STQ, bahkan pihak Perbankan dan PLN juga telah diarahkan untuk berpartisipasi. Hal itu telah dibicarakan melalui pertemuan bersama dengan Panitia STQ yang berpusat di Kantor Camat Oba Utara baru-baru ini.

Selain itu, upaya mensukseskan STQ, Wali Kota dan Wakil juga akan berkantor di sofifi, memastikan seluruh kesiapan yang menjadi tanggungjawab Pemkot sudah harus jalan sebagaimana yang disepakati.

" Saling koordinasi dan komunikasi itu yang penting untuk membangun semua kerjasama, hal ini juga telah saya sampaikan ke Panitia agar instansi terkait di Provinsi yang mengurusi STQ dapat berkoordinasi yang dengan baik Instansi terkait yang ada di Pemkot Tidore, sehingga berbagai kekurangan bisa kita perbaiki dan lengkapi secara bersama," tegasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga