Dinas Pertanian Akan Pamerkan Buah Segar Saat Pelaksanaan STQ Tingkat Nasional

Foto: Imran Jasin Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan  melalui Dinas Pertanian bakal mempromosikan produk pertanian pada pameran STQ Tingkat Nasional yang akan berlangsung di Sofifi. Produk pertanian yang dipamerkan itu antara lain buah naga, jeruk dan tanaman hidroponik.

Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan, Imran Jasin mengatakan penyediaan buah naga dan jeruk dari Tidore ini merupakan hasil pertemuan lintas sektor di Kantor Walikota beberapa waktu lalu. Dimana Dinas Pertanian diminta menyiapkan buah segar saat pelaksanaan pameran STQ nanti.

" Berdasarkan hasil rapat, kami diminta untuk bertanggungjawab menyediakan buah segar, sehingga yang akan kami promosikan nanti adalah buah naga dan jeruk," ungkapnya, Selasa (21/9/2021).

Selain dua buah itu, Dinas Pertanian juga akan menampilkan hidroponik yakni sayuran yang ditanam melalui pipa. Sayuran itu adalah caisim dan selada.

Imran bilang, pameran hidroponik ini juga sukses mengantarkan Kelurahan Sirongo Fola Raha Kecamatan Tidore Utara menjuarai lomba PKK tingkat provinsi lalu. Kreativitas tersebut patut dipertahankan dengan membantu PKK Tidore ikut dalam pameran STQ di Sofifi.

"Kalau ada seledri, kami juga akan tambahkan sebagai produk hidroponik," tambahnya.

Sementara untuk hasil produk pertanian yang telah diolah dan siap saji, kata Imran, Tidore akan menampilkan sari buah yang berasal dari pala. Karena Tidore telah memiliki pengrajin sari buah pala.

" Kami juga akan menyediakan sirup. Namun hal ini akan kami koordinasikan dengan Disperindagkop, sebab di saat hasil rapat sebelumnya itu Dinas Pertanian hanya punya tanggung jawab untuk menyediakan buah segar dan hidroponik," tandasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga