DPRD Puji Dinas Perhubungan Tidore

Foto: Mochtar Djumati Wakil Ketua I DPRD Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan. Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Tidore Kepulauam, Mochtar Djumati, Jumat (10/9/2021).

Apresiasi dari DPRD ini lantaran Dinas Perhubungan berhasil melobi ke pusat sehingga mendapatkan DAK sebesar Rp. 30 Miliar di tahun 2021 ini. Dana tersebut merupakan DAK terbesar dari Dinas Perhubungan di seluruh Provinsi Maluku Utara.

Kata Mochtar, dalam pertemuan itu dirinya menyoroti tentang pekerjaan-pekerjaan dibawah Dinas Perhubungan, diantaranya Pelabuhan Fery Galala, Pelabuhan Fery Dowora, pelabuhan penyebarangan Loleo, dan pelabuhan Rum, pekerjaan tersebut ditargetkan selesai pada bulan Desember mendatang.

" Mudah-mudahan pekerjaan ini selesai tepat waktu. Apabila tidak selesai, akan merugikan kita secara bersama," katanya.

Menurut dia, pekerjaan rehab dari Dinas Perhubungan itu, tentunya akan berpengaruh terhadap ekonomi, baik arus manusia maupun arus barang di berbagai pelabuhan yang ada di Kota Tidore Kepulauan.

" Kalaupun pekerjaan itu tidak selesai, dan mau kita selesaikan maka harus menggunakan APBD. Sementara kekuatan fiskal kita sangat terbatas, harapan kita harus selesai, karena progress dilapangan yang kita lihat, bisa terselesaikan di bulan Desember nanti," ungkapya.

Pelabuhan yang ditargetkan rampung di Desember nanti, yakni pelabuhan Rum, Dowora, dan Loleo. Sementara untuk Pelabuhan Loleo menggunakan dana DAU, sedangkan pelabuhan Rum dan Dowora menggunakan dana DAK dan progres pekerjaannya sudah maksimal.

" Sesuai hasil pertemuan dengan Dinas Perhubungan, bahwa pelabuhan Galala akan menjadi progres dan target harus diselesaikan sampai di STQ. Namun beton dari pengecoran pelabuhan itu, belum bisa dianjurkan bagi kendaraan roda sepuluh, cukup hanya kendaraan roda empat yang bisa mobilisasi manusia," tuturnya.

Selain itu, dalam rapat dengan Dinas Perhubungan, DPRD juga menanyakan terkait dengan persiapan menyambut pelaksanaan STQ mendatang. Menurutnya, Dinas Perhubungan sudah menggelar rapat dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi, yang perlu dipersiapkan adalah pelabuhan Guraping maupun pelabuhan Sofifi, dan pelabuhan penyeberangan Fery Galala.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga