DPMD Akan Siapkan Telaan Soal Kerjasama Dengan Bank

Foto: Kadis PMD Tidore Abdul Rasyid AW. Umar

TIDORE - Menindaklanjuti arahan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen terkait kerjasama Pemkot Tidore Kepulauan dengan sejumlah Bank di Sofifi Kecamatan Oba Utara, untuk melayani proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) bagi 43 Desa yang tersebar di Empat Kecamatan di Daratan Oba.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore, Abdul Rasyid mengaku akan mempersiapkan telaan untuk menindaklanjuti arahan tersebut. Untuk itu, mereka akan kembali berkoordinasi dengan Bank BRI sebagai mitra kerja yang selama ini mengurusi terkait dengan proses pencairan ADD maupun DD.

"Langkah yang diambil ini merupakan sebuah kebijakan yang dapat memperpendek rentan kendali dan memudahkan pelayanan bagi Pemerintah Desa di Daratan Oba, untuk itu kami akan menyiapkan telaan, dan akan membangun kerjasama dengan Bank yang ada di Sofifi untuk melayani 43 Desa didaratan Oba dalam hal pencairan ADD dan DD," ungkapnya saat ditemui di Kantor Wali Kota, Rabu, (8/9/2021).

Rasid mengatakan, terkait dengan kerjasama antar bank ini merupakan kewenangan penuh Pemerintah Daerah dalam hal ini, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Sehingga apabila mereka berkeinginan untuk bekerjasama dengan Bank apa saja maka itu diperbolehkan.

" Dari aspek aturan itu tidak masalah, karena ini adalah MOUnya pemerintah daerah, jadi kapan saja pemerintah daerah ingin merubah kerjasama dengan Bank maka itu tidak masalah, lagipula semua bank jugakan sama dalam hal pelayanan," jelasnya.

Sementara terkait dengan Bank di Sofifi yang akan dibangun kerjasama untuk melayani 43 Desa di daratan Oba, kata Rasid hal itu akan diputuskan oleh Walikota dan Wakil. " Soal bank apa yang akan dibangun kerjasama dengan Pemda, itu nanti diputuskan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga