TP2GP Lakukan Verifikasi Gelar Pahlawan Nasional Sultan Zainal Abidin Syah

Foto Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan bersama Wakil Ketua Tim Penganugrahan Gelar

TIDORE - Kunjungan Tim Penelitian dan Pengkajian Gelar Pusat (TP2GP) berserta rombongan disambut oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt.Ali Ibrahim bersama Wakil Wali Kota Muhammad Sinen dan Sekertaris Daerah Ismail Dukomalamo.

Kunjungan tersebut dalam rangka memverifikasi pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Zainal Abidin Syah bertempat di ruang rapat Walikota, Kamis (26/8/2021).

Usulan calon pahlawan nasional atas nama Sultan Zainal Abidin Syah, Tim Penelitian dan Pengkajian Gelar Pusat (TP2GP), hadir ke Kota Tidore Kepulauan guna melakukan verifikasi faktual. Kehadiran tim tersebut bertujuan memastikan apakah benar usulan sesuai dengan fakta di lapangan.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat datang kepada Tim Penelitian dan Pengkajian Gelar Pusat (TP2GP) berserta rombongan meninjau ke Kota Tidore Kepulauan untuk memverifikasi pemberian gelar Pahlawan Nasional  kepada Sultan Zainal Abidin Syah.

Dalam kesempatan itu juga Ali Ibrahim mengharapkan pemerintah pusat juga harus memperhatikan keluhan dari masyarakat Tidore," Mudah-mudahan kehadiran Tim ini telah membuktikan Tidore yang kecil ini cikal bakal menjadi dua pahlawan nasional nanti atas perjuangan para leluhur kami para sultan," tutur Ali.

Dalam kesempatan ini juga Wakil Wali Kota Muhammad Sinen mengatakan tanpa Zainal Abidin Syah negara Indonesia ini hanya ada sabang tidak ada meraukenya karena dengan berkat kerja keras Zainal Abidin Syah bersama bung Karno akhirnya Papua bisa kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

“ Untuk itu sebagai Pemerintah kota Tidore dan masyarakat, anak cucu Zainal Abidin Syah meminta kepada negara untuk memberikan sedikit penghargaan kepada kami, harapan kami ini mohon diperjuangkan dan di perhatikan oleh pemerintah pusat”, tutur Muhammad Sinen.

Sementara Brigjen TNI Tri Wahyu Mutakin, Wakil Ketua Tim peneliti dan pengkaji gelar pusat, mengatakan, kehadiran dirinya bersama anggota tim yang lain bermaksud untuk menindaklanjuti mencari data pelengkap terkait dengan usulan sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional.

" Mudah-mudahan menjadi awal yang baik dengan beberapa data yang nanti kami butuhkan itu menjadi pertimbangan yang matang" jelasnya.

Untuk itu, verifikasi faktual di lapangan penting dilakukan guna mendalami dan mencocokkan bukti-bukti yang diusulkan," Mudah-mudahan kita semua berdoa dan berusaha semaksimal mungkin atas kepercayaan ini, insya Allah Sultan Zainal Abidin Syah ini Menjadi pahlawan Nasional ke dua dari daerah Maluku Utara ini " tambah Tri Wahyu.

Usai melakukan tatap muka, tim TP2GP melakukan tinjau lapangan sesuai round down kunjungan verifikasi lapangan usulan calon pahlawan Nasional Sultan Zainal Abidin Syah dan dilanjutkan dengan jamuan makan malam di kediaman Wali Kota Tidore Kepulauan.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga