Polres dan GP-Ansor Tidore Sukses Gelar Vaksin Massal

Foto: Proses vaksinasi yang sedang berlangsung

TIDORE - Kerjasama antara pihak Kepolisian Resort Tidore dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tidore Kepulauan dalam melakukan vaksinasi massal berjalan dengan sukses dan lancar. Vaksinasi itu dilakukan di Puskesmas Sosasio, Kecamatan Tidore, Selasa, (24/8/2021).

Kapolres Tidore, AKBP. Yohanes Jalung Siram mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari rapat koordinasi yang dilakukan sebelumnya, tujuan daripada kegiatan ini adalah mensukseskan program pemerintah pusat terkait vaksinasi massal yang sasarannya di masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh di kalangan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19.

" Peserta yang mengikuti vaksinasi massal ini terdiri dari sebagian anggota Polisi, beserta Masyarakat, mulai dari orang dewasa dan lansia," ungkapnya saat dikonfirmasi di sela-sela pelaksanaan vaksin di Puskesmas Soasio.

Kapolres mengaku dari target yang ditentukan oleh pihak kepolisian dalam melakukan vaksinasi massal sebanyak 100 orang, namun yang terlaksana telah melebihi target. Untuk itu ia berharap kepada Masyarakat agar tidak terpengaruh dengan informasi Hoaks yang mengatakan vaksin tidak bermanfaat. Padahal vaksin ini memberikan manfaat kepada masyarakat untuk meningkatan Herd Immunity atau kekebalan tubuh.

" Kedepan kami juga akan bekerjasama degan OKP-OKP lainnya, seperti Pemuda Muhammadiyah, PMII Cabang Tidore dan HMI Cabang Tidore untuk dilakukan vaksnasi massal, untuk tempatnya kami rencanakan di open space, Kelurahan Tomagoba. Jadi tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini selain meningkatkan Heart immunity, juga kesiapan menuju Herd Immunity," tambahnya.

Senada disampaikan Ketua GP. Ansor Kota Tidore Kepulauan, Soepriadi Syahbuddin, ia mengatakan vaksinasi ini bagian dari upaya pencegahan dan langkah ikhtiar dalam menghadapi pandemi covid-19. Sehingga terbentuknya kekebalan tubuh di kalangan Masyarakat. Untuk itu, ia berharap agar kegiatan seperti ini mendapat dukungan dari semua stakeholder baik OKP maupun rekan-rekan pers untuk mensukseskan program tersebut.

Zulaiha Ali, Kepala Puskesmas Soasio, memberikan apresiasi atas partisipasi dari pihak Kepolisian dan GP. Ansor Tidore dalam mensukseskan Program vaksinasi merdeka kie raha. Pasalnya, berkat dukungan dan kerjasama dua lembaga tersebut dapat mempermudah petugas kesehatan untuk mengajak Masyarakat berpartisipasi dalam program vaksin.

" Selama ini kami sudah berupaya untuk sosialisasi dan memberikan edukasi di kalangan masyarakat, namun partisipasi mereka belum terlalu baik," tuturnya.

Namun alhamdulillah, kata Zulaiha, dari kerjasama ini membuat masyarakat bisa datang melakukan Vaksinasi, meskipun jumlahnya belum terlalu banyak, sebagaimana yang diharapkan.

" Kami berharap hari ini peserta yang mengikuti vaksin bisa mencapai 500 orang, namun yang ada baru 130 orang. Vaksin yang digunakan ini adalah Sinovac," jelasnya.

Terpisah, Fardi Hamid Bendahara GP. Ansor Tidore yang juga merupakan salah satu peserta vaksin itu, mengatakan setelah dirinya melakukan vaksin, ia hanya sebatas merasa ngantuk, dan menambah nafsu makan. Bahkan ia pun mengaku jika usai divaksin, staminanya makin bertambah.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga