Upacara HUT RI ke-76 di Tidore Sukses

Foto: Pembawa Bendera, Saskia Salsabila Jaipono dari SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan dengan langkah yang anggun dan percaya diri menerima Bendera Merah Putih yang diserahkan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim.

TIDORE - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Penurunan Bendera Merah Putih di Kota Tidore Kepulauan, pagi dan sore, berlangsung lancar dan sukses, Selasa (17/8/2021).

Pelaksanaan upacara yang dipusatkan di halaman kantor Walikota Tidore tersebut berlangsung tertib dan hikmad dimana Wali Kota Capt. Ali Ibrahim bertindak sebagai inspektur upacara HUT ke-76 Republik Indonesia dan upacara penurunan bendera.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2021 dibawah pimpinan Danpas Pelda Iskandar S. Alting bersama Danton Pengibaran Made Rihvan Ayochdya, siswa SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Pembawa Bendera, Saskia Salsabila Jaipono dari SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan dengan langkah yang anggun dan percaya diri menerima Bendera Merah Putih yang diserahkan Wali Kota Capt. Ali Ibrahim.

Begitu juga saat Pengibar Bendera masing-masing, Arif Afriza M. Saraha dari SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan, Abdul Fathir Bahmid dari SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan, dan Marsel Makausi dari SMA Negeri 8 Tidore Kepulauan, membentangkan bendera dan mengibarkannya ke puncak tiang.

Para anggota Paskibraka ini mendapat tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta upacara yang menilai bahwa tugas pengibaran bendera pusaka telah dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu upacara penurunan bendera merah putih juga berlangsung dan berakhir dengan sukses. Walikota Capt. Ali Ibrahim kembali bertindak selaku Inspektur Upacara. Bendera merah putih diturunkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada pukul 17.30 WIT.

Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera dibawah pimpinan Danpas Bripka Yamin Ahmad bersama Danton Penurunan Bendera Nurrahim Is Folaimam, siswa SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan sukses melaksanakan tugasnya, Penggerek Bendera masing-masing, Muhammad Abidsardari SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan, Irfan Amir dari SMA Negeri 9 Tidore, dan Andika Solemandari  Madrasah Aliyah Dowora Kota Tidore Kepulauan menurunkan Bendera merah putih, melipat dan menyerahkan kepada pembawa baki, Amanda Salsabila Ibrahim dari SMA Negeri 1 Tidore Kepulauan. Setelah itu Pembawa baki menyerahkan kepada Inspektur Upacara.

Menariknya pada saat peringatan hari ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia selepas kenaikkan bendera pusaka. Para peserta upacara di halaman kantor walikota disuguhkan dengan penampilan Tarian Kapita Uto Salawaku, sebuah tarian perang yang diangkat dari ritual masyarakat Adat Kesultanan Tidore.

Tarian ini juga ditampilkan secara virtual di upacara peringatan hari ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara bersama empat tarian yang dipilih dari Seluruh Indonesia. Sebuah persembahan yang indah di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tarian Kapita Uto Salawaku ini dikurasi dan dilatih langsung oleh Eko Supriyanto seorang koreografer terbaik nasional dan dibawakan oleh 7 orang penari dan 4 orang musisi yang berasal dari Tidore yakni Vaisal Hadi, Ikbal Salasa, Abdullah Muhammad, Bayu Yakub, Zainal Abidin, Muhammad Rizky Ibrahim, Iswan Muhammad, Fuad Hasan, Ridwan Ibrahim, Briva Razak, Bagus Joko Prasetyo.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga