Dari Kampung Tua ‘Gamlaha’ Warga Peringati HUT RI ke-76

Foto: Upacara peringati HUT RI ke-76 yang dilakukan oleh warga lingkungan tiga Kelurahan Rum di Kampung Tua Gamlaha

TIDORE - Kampung tua 'Gamlaha' jadi lokasi pelaksanaan upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-76, oleh warga lingkungan tiga Kelurahan Rum, Kota Tidore Kepulauan.

Pelaksanaan upacara tersebut, selain memperingati HUT Republik Indonesia ke-76 juga untuk mengingatkan kepada anak cucu bahwa leluhurnya dahulu pernah bermukim di Kampung Tua yang dinamakan “Gamlaha".

Sebelum pindah ke Rum, kampung tua gamlaha dihuni hingga pada tahun 1957 dan pada tahun 1960 pindah ke kampung Rum yang dipelopori oleh Ahmad Kahar sebagai kepala kampung pertama.

Saat ini kampung tua Gamlaha sudah dijadikan sebagai kebun yang ditanami tanaman bulanan dan tahunan, setelah penduduk Gamlaha pindah dan bermukim di Kampung Rum. Kampung tua ini berada di perbukitan tepat 1 kilometer dari Kelurahan Rum.

Foto bersama usai pelaksanaan upacara

Pada pelaksanaan upacara HUT Republik Indonesia ke-76 itu, bertindak sebagai inspektur upacara Kamis Sama dan komandan upacara Kinau Miraj. Upacara itu diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat, Babinsa, serta para pelajar, yang merupakan anak cucu dari penghuni Gamlaha.

Pelaksanaan peringatan HUT Republik Indonesia ke 76 di kampung tua gamlaha ini diselenggarakan atas inisiatif masyarakat lingkungan tiga Kelurahan Rum atas persetujuan dari pemerintah Kelurahan Rum.

" Pelaksanaan kegiatan ini dengan tujuan agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam HUT Republik Indonesia ke-76 walaupun sederhana, dan juga sebagai upaya mengingat kembali sejarah kejayaan kampung tua gamlaha di masa lalu," kata Yahyudin Miraj salah seorang tokoh pemuda.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga