Wali Kota Tidore Buka Musyawarah RPJMD

Foto: Wali Kota Tidore Kepulauan Capt.Ali Ibrahim

TIDORE - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026 yang bertajuk " Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi" resmi dibuka oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, yang berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Senin (9/8/2021)

Mengawali sambutannya Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengatakan Musrenbang RPJMD ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka menuju rancangan akhir penyusunan RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026.

Dalam forum Musrenbang RPJMD ini diharapkan untuk lebih memfokuskan, mempertajam pembahasan dan kesepakatan rancangan awal RPJMD Tahun 2021-2026 serta perkembangan terkini baik karena mendukung program Nasional maupun Provinsi," Guna mewujudkan visi Kota Tidore Kepulauan Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi, ada 3 misi yang akan dilakukan yaitu; Penguatan sumber daya manusia dan sosial budaya, Pengembangan ekonomi dan investasi terpadu, serta Pemerintahan yang berkinerja, inovatif dan melayani," kata Ali.

Lebih lanjut Ali Ibrahim mengatakan semua rumusan dan langkah strategis meliputi visi-misi dan program unggulan tersebut perlu ditopang oleh  seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu dia berharap kegiatan Musrenbang RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026 dapat berjalan dengan lancar.

" Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kehadiran Bapak/Ibu guna mengikuti pelaksanaan Musrenang RPJMD, Melalui momentum ini juga, saya mengajak kita semua untuk duduk bersama menyatukan tekad dengan menyampaikan ide, gagasan dan sumbang saran, masukan yang konstruktif lainnya guna memformulasikan arah dan kebijakan dalam penyusunan RPJMD Kota Tidore Kepulauan 5 Tahun ke depan, Bersama-sama kita wujudkan visi Kota Tidore Kepulauan yakni Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi," tutur Ali Ibrahim.

Sementara itu Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Syofyan Saraha dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Musrenbang RPJMD merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan RPJMD sebelum perumusan rancangan akhir RPJMD. Maksud dari diselenggarakannya Musrenbang RPJMD adalah untuk memenuhi tahapan demi tahapan dalam penyusunan RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026 sesuai ketentuan Permendagri nomor 86 Tahun 2017.

" Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan Daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021-2026. Waktu Pelaksanaan Musrenbang RPJMD ini dilaksanakan pada hari senin 9 Agustus 2021 bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang," cetusnya.

Turut hadir dalam pembukaan Musrenbang RPJMD ini Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, Para Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepualuan Ibu Hj. Safiah Ali Ibrahim, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan Ibu Nuraen Ismail Dukomalamo, Para Camat se-Kota Tidore Kepulauan, Tim Penyusun RPJMD, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Wanita/Pemuda dan Pimpinan Universitas.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga