Wali Kota Tidore Buka Forum Perangkat Daerah

Foto: Wali Kota Tidore Kepulauan Capt.Ali Ibrahim

TIDORE- Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim resmi membuka Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan rencana strategis (Renstra) perangkat daerah Tahun 2021-2026 di Lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, pada Jumat (6/8/2021) kemarin.

Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Renstra merupakan dokumen perencanaan perangkat daerah lima tahunan yang dijabarkan dari dokumen perencanaan daerah.

Selain itu, Renstra menentukan strategi atau arah, serta pengambilan keputusan untuk mengalokasikan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Pada kesempatan itu pula Wali Kota juga menekankan bahwa penyusunan Renstra Perangkat Daerah perlu menggunakan pendekatan “THIS” yaitu Tematik, Holistik, Integratif dan Spesial, dengan memperhatikan pada penguatan perencanaan dan penganggaran, pengendalian perencanaan, berbasis kewilayahan, dan integrasi Sumber Pendanaan.

“Saya juga meminta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah hingga tataran pelaksana mampu mengerti, memahami, dan menerjemahkan isi dan kaidah-kaidah, serta substansi renstra perangkat daerahnya masing-masing. Hal ini penting untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan renstra sekaligus keberhasilan pencapaian visi dan misi Kepala Daerah yang tertuang dalam dokumen RPJMD tahun 2021-2026,” pinta Ali Ibrahim.

Sementara itu Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Syofyan Saraha dalam laporannya mengatakan Tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Renstra adalah menyampaikan hasil analisis kajian perencanaan lima tahunan oleh perangkat daerah, memperoleh penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan tentang isu strategis perangkat daerah, tujuan dan sasaran pelayanan perangkat daerah, strategis dan kebijakan pelayanan, program, kegiatan dan sub Kegiatan prioritas perangkat daerah, serta indikator kinerja perangkat daerah yang mengacu pada rancangan RPJMD dan memastikan rancangan awal Renstra telah selaras dengan rancangan RPJMD Kota Tidore Kepulauan tahun 2021-2026.

Forum Perangkat Daerah Renstra ini dilaksanakan selama dua (2) hari yaitu pada hari kamis s/d jumat 5-6 Agustus 2021, bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Kegiatan ini di ikuti oleh kurang lebih 80 orang yang terdiri dari para staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, Pimpinan OPD dan Camat se Kota Tidore Kepulauan.

“Pembahasan terkait rancangan awal Renstra Perangkat Daerah ini, selanjutnya akan menjadi bahan pemutakhiran rancangan RPJMD Kota Tidore Kepulauan.” tutur Syofyan.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga