Wakil Wali Kota Tidore Selesai Jalani Masa Isolasi Mandiri

Foto bersama Wakil Wali Kota Tidore Muhammas Sinen bersama petugas kesehatan

TIDORE - Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, akhirnya dinyatakan selesai menjalani masa isolasi mandiri, setelah kurang lebih (sepuluh) 10 hari ditambah dengan tiga (3) hari masa pemantauan gejala (demam dan gangguan pernapasan) oleh Tim Kesehatan Puskesmas Rum Balibunga.

Hal ini diakui langsung Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendali Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Saiful Salim," Sesuai hasil pemantauan Tim Kesehatan, Pak Wakil (Muhammad Sinen) keadaan umumnya cukup baik, tidak demam, saturasinya juga normal, keluhan dan gejala lain juga tidak ada, sehingga Pak Wakil dinyatakan telah selesai masa isolasi mandiri dan dinyatakan sembuh meskipun tanpa melakukan pemeriksaan follow up," kata Saiful saat diconfirmasi media ini, Kamis (15/6/2021).

Saiful mengungkapkan, berakhirnya masa isolasi mandiri Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dikarenakan masuk dalam kriteria pasien terkonfirmasi positif dengan gejala ringan," Di hari ke 5 masa isolasi sampai hari terkahir masa isolasi, kondisi Pak Wakil sangat baik dan sudah tidak menunjukan gejala apapun," tukasnya.

Lanjut dia, dengan demikian berdasarkan KMK.Nomor HK. 01.07./413/tahun 2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian corona cirus disease 2019 (Covid-19) pada bagian manajemen kesehatan masyarakat dan tatalaksana kasus terkonfirmasi positif dengan gejala ringan, pasien hanya dilakukan isolasi mandiri di rumah dengan pemantauan berkala selama 10 hari ditambah 3 hari pemantauan gejala demam dan gangguan pernapasan oleh faskes di wilayah tersebut.

" Jika tidak menunjukan gejala dan keadaan umum baik, maka dinyatakan telah selesai menjalani masa isolasi mandiri dan dinyatakan sembuh. Oleh Tim Kesehatan Puskesmas Rum Balibunga akan memberikan surat keterangan selesai masa isolasi mandiri kepada Pak Wakil Wali Kota, sesuai denga Juknis yang ada," jelasnya

Saiful menambahkan, dengan demikian orang nomor dua (2) di Kota Tidore Kepulauan ini sudah bisa melakukan aktifitas seperti biasa, namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara Wakil Wali Kota Muhammad Sinen kepada media ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang telah mendoakan kesembuhannya, serta
para tenaga medis/kesehatan, baik di Rumah Sakit, Dinas Kesehatan maupun Puskesmas, yang telah terlibat langsung dalam perawatan dan pemantauan terhadapnya selama masa isolasi.

" Atas nama pribadi, keluarga dan sebagai Wakil Wali Kota, saya menyampaikan terima kasih kepada para tokoh agama (Imam/syara, pendeta), tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang telah mendoakan kesembuhan saya ini," ucapnya.

Untuk dirinya berharap kepada seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan, dengan melihat trend peningkatan kasus covid-19 saat ini yang hampir terjadi di seluruh daerah di Indonesia, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

' Maka saya menghimbau agar kita semua selalu patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan diaktivitas kehidupan kita sehari-hari, mari kita saling bekerja sama agar bisa keluar dari pandemic ini," pintanya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga