Kepala DLH Tidore Temui Kementerian Lingkungan Hidup Bahas Penanganan Sampah

Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat menyerahkan dokumen usulan bantuan alat angkut sampah

TIDORE - Komitmen Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tidore Kepulauan dibawah kepimpinan Muhammad Sjarif, dalam menangani masalah persampahan, bukan saja sebatas wacana.

Lelaki yang baru beberapa bulan diangkat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup itu, kembali melakukan terobosan dengan menemui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, di Jakarta, untuk mendiskusikan terkait dengan masalah persampahan yang ada di Tidore.

Kedatangan Muhammad Sjarif bersama sejumlah Anggota DPRD Kota Tidore dibawah pimpinan Wakil Ketua I Mochtar Djumati itu, disambut dengan baik oleh Direktur Pengelolaan Sampah pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Novrizal Tahar, pada Rabu (23/6/2021) kemarin. Dalam pertemuan tersebut, Muhammad Sjarif lantas memaparkan berbagai permasalahan yang dialami Kota Tidore Kepulauan terkait dengan persampahan. Untuk itu, ia meminta dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar dapat membantu Pemerintah Daerah Kota Tidore khusunya Dinas Lingkungan Hidup selaku instansi tekhnis, berupa penyediaan sarana dan prasarana persampahan.

" Alhamdulillah dalam rapat tadi, pihak Kementerian melalui pak Direktur Novrizal Tahar sangat mendukung usulan yang kami sampaikan, namun karena persoalan ini menyangkut dengan anggaran sehingga ia berjanji akan mengkomunikasikan hal ini dengan Biro Perencanaan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jadi setelah pertemuan dengan Pak Direktur, saya juga kemudian ke Biro Perencanaan untuk menyampaikan usulan kami yang sudah ditandatangani oleh Walikota Capt. Ali Ibrahim dan didukung oleh DPRD Kota Tidore, " ungkapnya saat dihubungi melalui telephone.

Lebih lanjut, Muhammad Sjarif menjelaskan, upaya yang dilakukan pihaknya ini, juga dalam rangka mendukung Sail Tidore yang merupakan hajatan bertaraf Internasional. Sehingga membutuhkan dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar Pemerintah Daerah Kota Tidore bisa fokus menangani persampahan. Bahkan dalam pertemuan itu, kata Sjarif, mereka juga membicarakan banyak hal yang nantinya akan ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tidore pasca kembalinya ia dari Jakarta.

"Ada beberapa langkah kebijakan yang nantinya akan kita tindaklanjut, sehingga rencananya pekan depan, saya bersama Tim di Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan edukasi lingkungan terkait dengan pengelolaan sampah, diantaranya pendirian Bank Sampah di beberapa Kelurahan dan Desa, Sosialisasi tentang satu langkah bersama peduli sampah, dan gerakan subuh bersih," tegasnya.

Mantan Kepala Bagian Organisasi ini menambahkan, dalam pertemuan itu juga, DPRD mengusulkan terkait degan bantuan alat pembersih sampah yang berada di laut, hanya saja bantuan itu tidak ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melainkan berada di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Sekedar diketahui, usulan yang disampaikan Pemerintah Daerah Kota Tidore melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Muhammad Sjarif kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mennyelesaiakan masalah sampah dan mendukung pelaksanaan Sail Tidore, diantaranya, alat pengangkut sampah Dum Truck 2 Unit, Alat Angkut Sampah Arm Roll 2 Unita, Alat Pemotong Pohon Mobil Crane 1 Unit, Mobil Operasional Bank Sampah 1 Unit, Countener Sampah 4 Unit, Motor Sampah Roda Tiga (Kaisar) 10 Unit, dan Pengadaan Tempat Pemilah Sampah 100 Unit.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga