Manfaatkan Teknologi, Badan Pendapatan Daerah Rencana Berlakukan e-Retribusi Dipelabuhan Rum

Foto: A.Rasyid Fabanyo Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Guna untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tidore Kepulauan serta mengatasi kebocoran anggaran, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tidore Kepulauan terus melakukan invoasi untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah terkait dengan rencana penagihan retribusi berbasis online di setiap pelabuhan.

Menurut Kepala Bapenda Kota Tidore, A. Rasyid Fabanyo bahwa program tersebut akan dimulai dari pintu masuk Pelabuhan Rum, Kecamatan Tidore Utara, hanya saja pihaknya masih menunggu diselesaikannya pekerjaan renovasi pelabuhan oleh Dinas Perhubungan Kota Tidore.

" Program ini bernama e-Retribusi, cara membayarnya dengan menggunakan kartu yang akan disiapkan oleh Pemda untuk diberikan ke masyarakat secara gratis. Sehingga tidak perlu pakai karcis," jelasnya saat ditemui baru-baru ini di ruang kerjanya, Selasa (8/6/2021).

Tujuan daripada Program e-Retribusi ini, kata Rasyid agar dapat mempermudah masyarakat dalam membayar retribusi saat memasuki Pelabuhan beserta memudahkan petugas dalam melakukan pengawasan. Pasalnya dari pada setiap tahun Pemerintah Daerah harus mencetak karcis untuk penagihan retribusi, mendingan dibuat kartu e-Retribusi yang itu bisa dipakai bertahun-tahun.

" Modelnya itu seperti ketika memasuki jalan tol, jadi kartu yang diberikan ke masyarakat ini tinggal mereka isi saldonya, dan ketika memasuki pelabuhan Rum kartu itu tinggal digesek. Namun apabila ada masyarakat yang lupa membawa kartunya, maka bisa pakai kartunya petugas, nanti setelah itu masyarakat tinggal berikan uangnya ke petugas sebagai pengganti," jelasnya.

Rasyid menambahkan jika program tersebut sukses dilaksanakan melalui Pelabuhan Rum, maka selanjutnya di setiap pelabuhan yang berada di Kota Tidore Kepulauan juga akan diberlakukan penagihan retribusi berbasis online. Terutama pelabuhan Galala, Pelabuhan Sofifi, Pelabuhan Gita, Pelabuhan Loleo, Pelabuhan Speed Boat di Pasar Sarimalaha, Kelurahan Indonesiana, dan Pelabuhan Trikora Goto.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga