Bunda PAUD Ikut Sosialisasi Program PKP

Foto: Bunda PAUD dan Wakil Bunda PAUD saat mengikuti zoom meeting

TIDORE - Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan Hj. Syafia Ali Ibrahim dan Wakil Bunda PAUD Hj. Rahmawaty Muhammad Sinen mengikuti kegiatan sosialisasi program Peningkatan Kapasitas Pendidik (PKP) PAUD dalam Implementasi PAUD Holistik Integratif yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (Dit. GTK PAUD) dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), sosialisasi itu dilakukan secara daring melalui zoom meeting diruang rapat walikota, Selasa (8/6/2021).

Mengawali sosialisasi program PKP tersebut Direktur GTK PAUD Dr. Santi Ambarrukmi dalam sambutannya berharap para Bunda PAUD yang mengikuti kegiatan sosialisasi PKP implementasi PAUD Holistik Integratif ini mempunyai frekuensi yang sama untuk meningkatkan layanan pengasuhan terhadap anak.

" Yang harus kita ketahui bahwa anak kita harus diperhatikan sebaik-baiknya dari semua lini, semua sisi, semua aspek baik itu pendidikannya, kesehatannya, Gizinya dan lain sebagainya," tutur Santi.

Santi Ambarrukmi juga menambahkan penting adanya keterlibatan semua unsur baik Bunda PAUD, tenaga pendidik dan orang tua untuk sama-sama mengkampanyekan bagaimana melayani tumbuh kembang anak-anak secara maksimal.

" Salah satunya dengan program Peningkatan Kapasitas Pendidik (PKP) yang disiapkan untuk penambahan wawasan pengetahuan guru-guru PAUD juga orang tua," tambahnya.

Sementara itu program PKP implementasi PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Tujuan khusus dari PKP PAUD Holistik Integratif adalah meningkatkan pemahaman Pendidik PAUD terhadap konsep PAUD Holistik Integratif, meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD dalam mengimplementasikan PAUD Holistik Integratif pada satuan PAUD, meningkatkan sinergi Pendidik PAUD dengan keluarga dalam implementasi PAUD di rumah, dan meningkatkan sinergi dan kerjasama Pendidik PAUD dengan lintas lembaga dalam implementasi PAUD Holistik Integratif," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Santi, program PKP PAUD Holistik Integratif dapat diakses melalui aplikasi guru belajar yang akan dibuka serentak pada tanggal 11 Juni 2021 pukul  08.00 WIB, namun sebelum dimulai terlebih dahulu harus melalui tahapan pemetaan dengan cara mengunduh dan mengisi instrumen pemetaan melalui link Instrumen Pendidik https://s.id/instrusmenpendidikpemetaanPAUDHIGTK dan link Instrumen Orang Tua https://s.id instrumenorangtuaPAUDHIGTK.

Turut hadir mengikuti sosialisasi program PKP PAUD Holistik Integratif ini perwakilan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kota Tidore Kepulauan (IGTKI) Ibu Hj. Naska Mustari, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD (HIMPAUDI) Ibu Saona Kalfangare, Kepala Bidang PAUD yang juga sementara menjabat sebagai Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Ibu Jahra Mandar.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga