Wali Kota Tidore Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rusun ASN BPKP Malut

Foto: Prosesi peletakan batu pertama pembangunan rumah susun ASN BPKP Maluku Utara

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menghadiri acara peletakan batu pertama (ground breaking) rumah susun ASN BPKP Maluku Utara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Perumahan Balai Pelaksana Penyedia Perumahan Maluku, di Sofifi, Kamis (03/06/2021).

Kegiatan peletakan batu pertama ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo. Dalam sambutannya Aryanto menyampaikan bahwa pada tanggal 25 Mei 2021 yang lalu BPKP telah menyelenggarakan peletakan batu pertama Gedung Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara yang baru terletak di depan lokasi pembangunan rumah susun ASN BPKP Maluku Utara.

" Tanah ini merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara dengan luas tanas sebesar 1.866 m2 dan rencana akan dibangun sebanyak 10 unit pada sebelah kanan gedung kantor untuk pembangunan rumah susun ASN ini," kata Aryanto.

Diakhir sambutannya, Aryanto berharap bahwa dengan adanya rumah susun ASN ini, dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan semangat para pegawai dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan di wilayah Provinsi Maluku Utara.

" Terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara yang telah memberikan hibah tanah kepada BPKP Provinsi Maluku Utara, dan juga terimah kasih kepada Pak Dirjen yang telah membangun rumah susun ASN BPKP ini," ungkap Aryanto.

Pada kesempatan ini Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Wilayah Maluku Utara telah mendapatkan bantuan rumah khusus sejak tahun 2016-2020 untuk provinsi Maluku Utara sebanyak 796 unit. Bantuan rumah susun sebanyak 4 Twin Block dengan total ruang sebanyak 176 unit, Bantuan BSPS sebanyak 14.177 unit.

" Pada tahun 2021, Pemerintah Provinsi Maluku Utara telah mendapat Program Bantuan Rumah Khusus sebanyak 20 Unit, Bantuan Rumah Susun (Rusun) sebanyak 2 unit, yakni rumah susun Kejati di Ternate dan rumah susun BPKP di Sofifi yang sesaat lagi akan dilakukan peletakan batu pertama, serta Bantuan BSPS sebanyak 1000 unit dan bantuan Rumah KSPN sebanyak 170 unit," kata Gubernur.

Selain itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tidore mendukung program Pemerintah Provinsi Maluku Utara Malut dan Pemerintah Pusat khususnya pembentukan kawasan khusus Sofifi.

" Pemerintah Kota Tidore mendukung percepatan pembangunan kawasan khusus Sofifi, saya juga meminta bantuan kepada Kementerian PUPR untuk membangun asrama Mahasiswa Universitas Bumi Hijrah di Oba Utara," kata Ali Ibrahim.

Usai penyampaian sambutan acara kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama yang diawali oleh Gubernur Maluku Utara K.H. Abdul Gani Kasuba, dilanjutkan oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara, Direktur Sistem dan Stategi Penyelenggaraan Perumahan (SSPP) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, dan terakhir peletakan batu oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Utara.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga