Sekda Tidore Minta Peran Aktif OPD Kawal Reforma Agraria

Foto: Sekertaris Daerah Ismail Dukomalamo membacakan sambutan Wali Kota pada Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Tidore Kepulauan di Aula Nuku Kantor Walikota

TIDORE - Sekertaris Daerah Kota Tidore kepulauan Ismail Dukomalamo membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kota Tidore Kepulauan di Aula Sultan Nuku, Selasa (25/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, sambutan Wali Kota Tidore Capt. Ali Ibrahim yang dibacakan Sekertaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mengatakan rapat koordinasi ini dilakukan untuk memastikan Reforma Agraria sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 agar berjalan efektif dan berhasil mencapai tujuannya serta sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.

Untuk itu kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam penyelenggaraan Akses Reforma dalam wadah Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Tidore Kepulauan. Khusus yang terkait dengan penyelesaian masalah sengketa dan konflik agraria di Kota Tidore Kepulauan.

" Saya berharap jajaran Forkopimda Kota Tidore dapat melakukan pendampingan dalam upaya mengatasi permasalahan Agraria yang ada di Kota Tidore Kepulauan," tutur Ismail.

Mengakhiri sambutan, Ismail Dukomalamo juga berharap kepada instansi terkait serta seluruh pemangku kepentingan agar dapat berperan aktif," Karena keberhasilan Reforma Agraria ini terletak pada komitmen dan peran pemerintah daerah serta sinergi nyata dari para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Reforma Agraria di Kota Tidore Kepulauan," ungkap Ismail.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kota Tidore Kepulauan Andrya Danu Wijaya dalam pengantarnya mengatakan kebijakan Reforma Agraria merupakan upaya untuk menata kembali hubungan antara masyarakat dengan tanah, yaitu menata kembali penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan permukaan bumi yang berkeadilan.

Andrya Danu juga menjelaskan bahwa Kegiatan rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria dengan Tema "Mewujudkan masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang Makmur dan Sejahtera Melalui Reforma Agraria".

" Ini merupakan kegiatan program strategis nasional yang juga sebagai momentum awal untuk menyamakan persepsi antara semua stakeholder dengan tujuan mulia yaitu bersinergi mensejahterakan rakyat," tukasnya.

Andrya Danu menambahkan, tujuan pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi GTRA ini agar tercapainya kesepahaman dan kesepakatan bersama mengenai arah kebijakan dan penanganan Reforma Agraria serta penguatan kapasitas pelaksanaan Reforma Agraria di Kota Tidore Kepulauan sebagai bagian untuk turut serta hadir di tengah-tengah masyarakat.

" Besar harapan bahwa kegiatan Rapat Koordinasi ini juga dapat memberikan sumbangsih untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasioal saat ini." tutur Andrya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Pertanahan Negara Provinsi Maluku Utara para Pimpinan OPD Kota Tidore Kepulauan, Camat dan Lurah bersama Forkompimda Kecamatan se- Kota Tidore Kepulauan.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga