Pemkab Sula Raih WTP Kedua Kali

Foto: Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hendrata Thes saat menerima penyerahan laporan pemeriksaan keuangan dari Kepala BPK RI Perwakilan Maluku Utara

SANANA - Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kepulauan Sula kembali menuai opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara. Hal tersebut disambut syukur oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula yang hadir, dalam penerimaan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD, pada Jumat  (21/5/2021) kemarin.

“ Kami sangat bersyukur karena opini WTP Tahun Anggaran 2020 ini merupakan kedua kalinya secara berturut-turut bagi Kabupaten Kepulauan Sula di era kepemimpinan kami" ungkap Bupati Kepulauan Sula Hendra Thes usai menerima hasil LHP.

" Hal ini jelas membuktikan komitmen kami dalam upaya mempertahankan kinerja keuangan daerah yang transparan dan akuntabel, mendapat pengakuan dari BPK RI" tambah Bupati Kepsul Hendrata Thes.

Bupati mengaku, capaian ini merupakan tindaklanjut dari sejumlah catatan dari para pemeriksa. Seperti, kelengkapan data dukung terkait kepemilikan aset daerah.

Lebih lanjut, Hendrata mengatakan meskipun sudah meraih WTP  dua kali berturut-turut dirinya selalu memberikan warning kepada semua pimpinan OPD bahwa untuk meraih opini WTP ini memerlukan kerja keras serta komitmen yang tinggi,  akan tetapi lebih sulit lagi dalam usaha mempertahankan opini tersebut.

Tanggapan positif atas capaian WTP tersebut juga diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sula Sinaryo Thes. Menurutnya, hasil audit BPK yang di dalamnya ada masukan dan koreksi dari BPK RI Perwakilan Maluku Utara akan menjadi pijakan kerja sama antara eksekutif dan legislatif dalam menyusun rencana kinerja pemerintah daerah.

“ Predikat WTP yang berhasil diraih, menjadi tantangan bagi kami untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah, menuju pemerintahan yang lebih transparan di masa mendatang,” tandasnya.

Penyerahan LHP BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara diserahkan Langsung oleh ketua Ir. Hermanto, kepada perwakilan 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara, dari 10 Kabupaten/Kota seluruhnya menerima prediksi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kecuali Kabupaten Pulau Taliabu yang menerima predikat " tidak menyatakan pendapat" atau dibawah disclamer

Selain meraih predikat WTP, Pemerintah Kepulauan Sula juga meraih penghargaan dengan kategori pemerintah daerah paling produktif dalam menanggapi pemeriksaan semester I Tahun 2021.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan daerah meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 tetap optimal, termasuk alokasi anggaran untuk percepatan penanganan wabah covid-19.

Penulis: Arifin
Editor: Dano

Baca Juga