Eratkan Hubungan, Kabinda Malut Silaturahmi dengan Kesultanan Tidore

Foto: Kabinda Maluku Utara (tengah) bersama Istri saat bersilaturahmi dengan Kesultanan Tidore

TIDORE - Guna untuk mempererat hubungan dengan tokoh adat empat kesultanan di moloku kie raha, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Maluku Utara Brigjen (Mar) Imam Sopingi melakukan silaturahmi dengan pihak Kesultanan Tidore.

Sebelumnya Brigjen (Mar) Imam Sopingi sudah melakukan silaturahmi dengan Kesultanan Ternate. Kabinda Maluku Utara bersama dengan Istri dan rombongan tiba Kadaton Kie Matubu disambut oleh Fomanyira Ngale Abdul Rahma Abubakar dan Mote-mote Kesultanan Tidore Bakri Umar, Sabtu (22/5/2021).

Kabinda Maluku Utara bersama rombongan kemudian diajak oleh Fomanyira Ngale untuk melihat-lihat sejumlah peninggalan sejarah yang dipajang didalam Kadaton Kesultanan Tidore.

Kabinda Maluku Utara Brigjen (Mar) Imam Sopingi saat diconfirmasi media ini di Kadaton Kesultanan Tidore mengatakan, kunjungannya ke Kadaton Kesultanan Tidore merupakan bagian dari melaksanakan budaya yang ada di Maluku Utara.

" Intinya kita tetap melaksanakan budaya yang ada di Maluku Utara ini, karena dengan melestarikan budaya merupakan ungkapan terimakasih pada pendahulu," kata Brigjen (Mar) Imam Sopingi.

Imam menambahkan, berkat para pendahululah sehingga Provinsi Maluku Utara, khususnya Kota Tidore Kepulauan hingga saat ini masih kondusif dan aman.

Lebih lanjut, kata Kabinda , dirinya akan melakukan silaturahmi ke Kesultanan Jailolo dan Kesultanan Bacan untuk mempererat tali silaturahmi.

" Kita itu melestarikan budaya dengan bersilaturahmi dengan kesultanan, mungkin silaturahmi ke dua kerajaan (kesultanan) lagi," ungkapnya.

Untuk diketahui Brigjen (Mar) Imam Sopingi bertugas di Maluku Utara sebagai Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) baru sebulan lamanya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga