Wali Kota Tidore Ikut Dialog Nasional SIPD Via Zoom Meeting

Foto: Walikota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim, bersama OPD Terkait saat mengikuti Diskusi Nasional Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang dilaksanakan oleh APEKSI Pusat

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim selaku Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) didampingi oleh Asisten dan Staf Ahli Walikota serta Pimpinan OPD terkait mengikuti kegiatan Dialog Nasional Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang dilaksanakan oleh APEKSI Pusat melalui zoom neeting di Aula Sultan Nuku, Jumat (30/4/2021).

Dialog Nasional Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dilakukan untuk membangun komunikasi mengingat implementasi dari SIPD ini masih tersendat-sendat dan mengalami beberapa kendala, sehingga dengan adanya dialog ini diharapkan mampu mendapatkan penjelasan, juga hal-hal lain yang terbangun dalam diskusi produktif atas kendala dan implementasi di daerah, serta dapat meningkatkan langkah-langkah bersama upaya untuk memfasilitasi proses konsultasi implementasi SIPD oleh Pemerintah Kota di anggota APEKSI.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto dalam sambutannya mengatakan, SIPD ini jika didalami sebetulnya memiliki target dan tujuan yang luar biasa baik dan sangat ideal, ada tiga (3) target dari implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang diinginkan oleh Pemerintah Pusat diantaranya aspek administrasi, aspek transparansi, dan aspek evaluasi.

“ Setidaknya ada tiga (3) target dari implementasi SIPD ini, yaitu; pertama adalah menguatkan aspek administratif, kita ketahui bahwa banyak sekali persoalan ketika perencanaan penganggaran pelaksanaan kegiatan terkadang bermasalah dalam aspek tahapan-tahapannya, ada yang terlewat, ada juga yang tidak sesuai aturan, dan persoalan lainnya. Jadi seringkali persoalan itu ketika ditelusuri ada saja bolongannya dalam tahapan administrasinya, karena itu SIPD targetnya merapikan dari sisi administrasi. Yang kedua adalah transparansi, saya lihat ada keinginan yang kuat dari Pemerintah Pusat agar publik juga nantinya dapat mengakses SIPD ini secara terbuka untuk bisa memahami, melihat, dan ikut mengawasi proses perencanaan pelaksanaan dari penganggaran pembangunan. Disini sebagai contoh dimasukan juga pokok-pokok pemikiran dari teman-teman Dewan agar lebih jelas semaunya. Yang ketiga adalah aspek evaluasi, jadi ada keinginan dari Pemerintah Pusat untuk mendorong efisiensi dan efektifitas dari implementasi APBD, ada pengawasan dari DAK, DAU, dan monitoring tentang serapan sehingga Pemerintah Pusat bisa memantau secara realtime pelaksanaan APBD di daerah.” tutur Arya

Dialog Nasional Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) juga menghadirkan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Mochamad Ardian Noervianto yang menjelaskan terkait Pengelolaan Keuangan Daerah dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), ia juga mengatakan di tengah pandemi covid-19 ini segala bentuk interaksi antara individu semakin dibatasi.

Disisi lain layanan pemerintah kepada masyarakat tetap harus berjalan, maka perlu mendapatkan perhatian kita bersama, ada beberapa langkah percepatan transformasi digital salah satunya seperti percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet.

Kegiatan Dialog Nasional Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) ini juga diikuti oleh pimpinan OPD terkait dan juga para Camat se Kota Tidore Kepulauan melaui zoom meeting dari kantor masing-masing.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga