Dinas Kelautan dan Perikanan Tidore Kembali Panen Udang Vaname

Foto: Panen udang vaname oleh kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tidore Kepulauan kembali munai hasil panen udang vaname sebanyak 600 kilo gram. Hasil panen tersebut nantinya akan dipasarkan kepada masyarakat maupun pedagang lainnya dengan harga yang bervariasi.

" Untuk harga perkilonya itu dijual seharga Rp.100 ribu, tapi ada juga senilai Rp. 70 dan 80 ribu perkilo, tergantung size/ukurannya. Jadi udang vaname ini selain kami pasarkan di Tidore, juga ada pedagang yang datang membeli untuk menjual di Ternate," jelas Muhammad Syarif, Kepala Bidang Budidaya Perikanan saat ditemui sejumlah media, disela-sela panen udang Vename, Senin (26/4/2021) di Kelurahan Dowora.

Syarif menambahkan bahwa fasilitas yang tersedia untuk budidaya udang vaname berupa tambak sebanyak 3 kapling dan ikan nila sebanyak 2 kapling. Namun lokasi budidaya udang vaname dan ikan jila ini masih memiliki luasan sekitar 1,5 Ha yang belum dikembangkan.

" Kalau budidaya ikan nilai itu tidak terlalu sulit, tetapi kalau budidaya udang vaname itu yang butuh perawatan secara intensif, jadi harus pakai instruktur yang benar-benar ahli di soal ini, karena kalau tidak kita bisa mengalami gagal panen, dan untuk DKP Tidore sendiri baru punya satu instruktur budidaya udang vaname," tuturnya.

Dari hasil panen udang vaname ini, kata Syarief nantinya akan dibuka untuk gaji karyawan serta biaya untuk operasional pengembangan budidaya udang vaname, selain itu hasil penjualan tersebut juga dimasukan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tidore.

" Kalau di tahun 2019 kemarin, itu setelah panen ada pemasukan ke kas daerah berupa PAD senilai Rp. 50 Juta. Untuk tahun ini kami belum bisa pastikan berapa karena hasil panennya juga tidak terlalu banyak," ujarnya.

Selain mengelola budidaya udang vaname secara langsung, DKP Tidore juga memiliki kelompok binaan budidaya udang vaname yang bertempat di Kelurahan Cobodoe, Kecamatan Tidore Timur. Kelompok tersebut pada tanggal 29 April 2021 ini juga sudah akan melakukan panen udang vaname, yang direncanakan akan dihadiri oleh Wali Kota Tidore Kepulauan.

" Lokasinya itu berdekatan dengan pelabuhan fery Dowora, insya allah kalau ditambak itu hasilnya agak banyak," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga