BPN Gandeng Pemkot Tidore Sosialisasi Data Indikatif Pengadaan Tanah

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhammad Yasin membuka dengan resmi Sosialisasi terkait dengan Data Lokasi Indikatif Pengadaan Tanah di Kota Tidore Kepulauan.

TIDORE - Badan Pertanahan Kota Tidore Kepulauan bersama Pemerintah Daerah Kota Tidore menggelar Sosialisasi terkait dengan Data Lokasi Indikatif Pengadaan Tanah di Kota Tidore Kepulauan, yang berlangsung di ruang rapat Sekretaris Daerah Kota Tidore, Kamis ( 22/4/2021).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhammad Yasin mewakili  Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan. Sosialisasi ini juga  menghadirkan pemateri dari Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Maluku Utara Triawan Saleh.

Muhammad Yasin dalam arahannya mengatakan bahwa sosialisasi ini terkait dengan pertanahan yang ada di Kota Tidore sehingga melibatkan OPD maupu para caman, " Untuk itu saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dan dipahami secara bersama agar peran-peran pertanahan yang terkait dengan masayarakat di Kota Tidore kedepan akan berjalan dengan baik sesuai progres pertanahan itu sendiri." harap Muhammad Yasin.

Muhammad Yasin dalam kesempatan tersebut juga menambahkan bahwa persoalan tanah ini memang satu hal yang tidak mudah sehingga butuh sinergitas dari semua pihak terutama para Camat, Lurah maupun sampai ke tingkat Desa itu sendiri karena masyarakat ini memiliki pemahaman yang berbeda-beda, " Sehingga ini merupakan peran penting sekali Pemerintah dalam hal ini, OPD maupun Camat agar berkolaborasi dan saling bergandeng tangan untuk memperjuangkan apa saja yang terkait dengan pertanahan itu sendiri, agar dapat menerapkan atau melaksanakan tugas ke Kecamatan, Kelurahan maupun Desa  yang ada di Kota Tidore secara keseluruhan dengan baik dan bijaksana." tutup Muhammad Yasin.

Sementara, Kepala Bidang Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Maluku Utara Triawan Saleh mengatakan bahwa sangat senang karena ada inisiatif KPN Kota Tidore bersama Pemerintah Daerah menggelar sosialisasi ini,"  Ini merupakan hal yang sangat membahagiakan karena dengan sosialisasi ini kami dapat mensosialisasi tentang Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk kepentingan umum," pungkasnya.

Triawan juga mengharapkan agar kesepahaman anatara instansi vertikal, instansi tingkat Otonomi Daerah maupun Pemerintah Daerah agar mempunyai visi dan pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan pengadaan tanah di Kota Tidore.

" Kota Tidore sebagai salah satu Kota di Maluku Utara yang masih baru tentunya banyak mengadakan pembangunan-pembangunan yang tidak terlepas dari pengadaan tanah sehingga ini menjadi acuan maupun paduan bersama," tambahnya.

Turut Hadir Kepala Kantor Pertanahan Kota Tidore Kepulauan Andrya Danu Wijaya selaku Moderator, Pimpinan OPD, Camat dan Lurah.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga