Perpustakaan Modern Bakan Dibangun di Tidore

Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim menerima kunjungan Tim Verifikasi Perpustakaan Pusat Republik Indonesia

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim menerima kunjungan Joko Santoso beserta jajarannya dari Tim Perpustakaan Pusat Republik Indonesia, Rabu (14/4/2021).

Dalam kunjungan tersebut Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengucapkan selamat datang kepada rombongan, karena telah meluangkan waktu untuk berkunjung di Kota Tidore Kepulauan, dengan kedatangan tim verifikasi perpustakaan pusat dalam rangka berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan di Kota Tidore Kepulauan.

" Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menyambut baik program dari perpustakaan pusat dengan akan di bangunnya gedung layanan perpustakaan di Kota Tidore Kepulauan," kata Ali Ibrahim

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore Muhammad Yasin mengatakan perpustakaan tidak lagi sekedar sebagai tempat mencari sekumpulan buku ataupun informasi melainkan menjadi sarana munculnya inovasi-inovasi baru yang berkualitas,"  Untuk mencapai target peningkatan literasi masyarakat, diperlukan peningkatan kualitas fasilitas layanan perpustakaan," ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Bidang Perpustakaan Pusat Republik Indonesia  Joko Santoso menyampaikan, pembangunan gedung perpustakaan yang nantinya berkonsep futuristik, modern, dan memiliki teknologi maju ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Kota Tidore,"  Sehingga, mereka lebih aktif lagi untuk datang ke perpustakaan," ujarnya.

Selain itu, Joko meminta agar pengembangan perpustakaan di daerah harus betul-betul memperhatikan berbagai aspek, salah satunya mengusung konsep modern yang dapat menarik antusiasme pengunjung dan masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan.

" Perpustakaan di daerah harus dibangun semodern mungkin dengan desain yang menarik. Fasilitas TIK juga harus menunjang, termasuk koleksi buku-bukunya," tuturnya.

Kata Joko, tujuan dari perpustakaan medorn  untuk masyarakat, terutama para milenial betah berada di perpustakaan, dan adanya transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang merupakan sekumpulan aktivitas yang memperkuat peran perpustakaan dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat melalui kemampuan literasi, inovasi maupun kreativitasnya," Dengan transformasi perpustakaan telah berhasil megubah wajah perpustakaan," ucap Joko Santoso.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga