Harapan DPRD Tidore Terjawab

Syofyan Saraha Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Harapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan untuk dilakukan pertemuan bersama antara Tim Perumus RTRW, Pansus RTRW dan Tim Penyusun RPJMD bakal ditintaklanjuti oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) selaku instansi yang bertanggungjawab dalam penyusunan RPJMD.

Menurut Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Syofyan Saraha mengatakan untuk saat ini pihaknya masih berkonsentrasi pada pembahasan RTRW di Provinsi Maluku Utara untuk mendapatkan kesepakatan bersama terkait dengan pemanfaatan ruang. Setelah itu akan dilakukan persetujuan substantif (Persub) bersama pemerintah pusat.

"Jika sudah ada kesepakatan dan pengurusan Persub untuk merubah peta, baru akan disahkan dalam bentuk Peraturan Daerah, namun kami targetkan soal kesepakatan bersama ini akan selesai di bulan April ini," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (7/4/2021).

Meskipun untuk dilakukan Paripurna RTRW harus memakan waktu yang cukup Lama karena perlu diselesaikan beberapa tahapan, namun Syofyan memastikan bahwa dalam Penyusunan RPJMD pihaknya tetap melakukan penyesuaian dengan RTRW dengan menggunakan hasil kesepakatan bersama antara Pemkot Tidore dan Pemerintah Provinsi.

" Saat ini juga Tim sedang melakukan penyusunan RPJMD, jadi nanti hasilnya seperti apa akan kita bahas secara bersama dengan DPRD. Karena dalam RPJMD yang disusun ini sudah kami sinkronkan dengan RTRW," tambahnya.

Lebih lanjut, mantan Sekertaris DPRD Kota Tidore Kepulauan ini mengatakan bahwa dalam rapat RKPD tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada Kamis, 8 April 2021. pihaknya akan mendorong sebagian visi misi untuk dilaksanakan pada tahun 2022. Sehingga terkait dengan persoalan Ekonomi, yang menetapkan daratan Oba sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru akan dibicarakan secara tuntas.

"Saat ini yang menjadi agenda besar kita adalah RTRW, RKPD dan RPJMD, jadi soal RPJMD ini tahapannya agak panjang, namun kami akan berupaua untuk menyelesaikan tepat waktu," tuturnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga