Perairan Tongowai dan Soasio Diusulkan Jadi Pusat Wisata Bahari

Capt. Ali Ibrahim Wali Kota Tidore Kepulauan || foto: Kiran

TIDORE - Menindaklanjuti hasil riset dari Badan Riset Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia akan potensi wisata bawah laut yang berada di perairan Kelurahan Tongowai, Kecamatan Tidore Selatan dan Perairan depan Benteng Tahula, Kelurahan Soasio, Kecamatan Tidore.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt.Ali Ibrahim meminta kepada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tidore Kepulauan untuk segera mendesign dua kawasan tersebut sebagai pusat kawasan wisata bahari. Pasalnya didua wilayah itu selain memiliki potensi wisata bawah laut, juga terdapat nilai sejarah atas peninggalan sejumlah artefak milik bangsa-bangsa eropa.

" Saya sudah menegaskan ke Dinas Pariwisata untuk segara menindaklajuti hasil riset dari KKP RI, jadi Tongowai dan Soasio nantinya akan dijadikan wisata bahari atau wisata bawah laut," ungkapnya saat ditemui sejumlah awak media, Minggu (4/4/2021).

Orang nomor satu di Pemkot Tidore ini, mengaku bahwa setelah dilakukan penyelaman di Tongowai dan Soasio oleh Badan Riset KKP RI, hasilnya sudah dibicarakan melalui pertemuan sederhana yang berpusat di Kediaman Walikota.

Dengan harapan KKP RI dapat membantu Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan untuk mengembangkan dua kawasan tersebut sebagai kawasan wisata bawah laut, sehingga dalam menyambut Sail Tidore 2021, setiap masyarakat yang berkunjung juga bisa menikmati panorama di wilayah tersebut.

" Kami juga akan mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menjadikan dua kawasan ini sebagai pusat kawasan wisata bahari," tandasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga