Wali Kota Tidore Buka Forum RKPD

Foto: Capt. Ali Ibrahim Wali Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim membuka dengan resmi kegiatan Forum Perangakat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022 dengan tema “Penguatan pusat-pusat pelayanan dan kawasan strategis yang mendukung pengembangan sumber daya manusia pemulihan ekonomi dan regenerasi warisan budaya”, bertempat di Aula Sultan Nuku, Rabu (31/3/2021).

Wali Kota Ali Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan forum perangkat daerah merupakan wadah yang mencakup beberapa hal yakni penyelarasan program kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah kota, berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan, penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan anatar perangkat daerah kota.

“ Penyelarasan program dan kegiatan antar perangkat daerah kota, dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai masing-masing perangkat Daerah serta penyesuaian pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah” tutur Ali.

Ali Ibrahin juga menambahkan hasil pembahasan dalam forum perangkat daerah ini selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam Musrenbang RKPD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2022 dalam rangka penyelarasan arah kebijakan, serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang Kelurahan/Desa dan Musrenbang Kecamatan.

Sementara Laporan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Syofyan Saraha mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas fungsi perangkat daerah.

" Menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah," ungkapnya.

Kegiatan forum perangkat daerah ini diikuti dengan 60 orang terdiri dari Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, Pimpinan OPD serta Camat se-Kota Tidore Kepulauan.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga