BPOM Jalin Kerjasama dengan Pemkot Tidore

Walikota Tidore Kepulauan Capt, H Ali Ibrahim memberikan Plakat kepada Kasubag Tata Usaha BPOM Muhazir S. Panti || Foto: Humas Tidore

TIDORE - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Maluku Utara melaksanakan advokasi terpadu desa pangan aman, pasar pangan aman berbasis komunitas dan pangan jajanan yang dikomsumsi anak usia sekolah aman yang dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Selasa (30/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengatakan bahwa Balai POM telah menginisiasi program dan kegiatan dibidang keamanan pangan yang berbasis masyarakat sejak tahun 2014, yaitu program desa pangan aman, program pasar pangan aman berbasis komunitas, serta pangan jajanan anak sekolah aman.

Program tersebut diintegrasikan melalui kegiatan (Germas Sapa) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman yang dilaunching pada Tahun 2017 oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ketiga program tersebut merupakan Program Prioritas Nasional yang tercantum dalam RPJM 2020-2024, sehingga pada tahun 2021 ini, BPOM Maluku Utara melaksanakan intervensi tiga (3) program prioritas nasional tersebut di Kota Tidore Kepulauan," Pemerintah Daerah mengapresiasi kepada BPOM Maluku Utaradi Sofifi. Semoga program yang akan dilaksanakan pada tahun ini mampu berdampak secara menyeluruh baik dari sisi supplay maupun keamanan pangan." kata Ali

Ali juga berharap agar peran dan kerjasama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat diperlukan dalam menyukseskan program dari Badan POM ini. Tanpa ada dukungan dan kerjasama yang baik, antara BPOM dan Pemerintah Daerah maka ketiga program intervensi ini tidak akan mampu berjalan dengan optimal dan tujuan pun tidak tercapai," Oleh karena itu, kami berpesan agar koordinasi dan kerja sama yang baik telah terbina agar dapat terus ditingkatkan sehingga tujuan tercapainya kesehatan masyarakat, dan peningkatan kualitas SDM, serta daya saing bangsa dapat tercapai." tutup Ali.

Sementara itu, Kepala Balai POM Maluku Utara yang diwakilkan Kasubag Tata Usaha Muhazir S.Panti mengatakan, desa pangan aman, program pasar pangan aman berbasis komunitas, serta pangan jajanan yang dikonsumsi anak usia sekolah merupakan aksi nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian Masyarakat Desa, komunitas sekolah dan komunitas pasar dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan aman sampai pada tingkat perseorangan dan meningkatkan serta memperkuat ekonomi di tiga komunitas tersebut.

" Sasaran dari kegiatan ini ada Pemerintah Daerah dan lintas sektor di lingkungan Pemerintah Kota Tidore serta Kelurahan dan Desa dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang yang terdiri dari tim keamanan pangan desa yakni Lurah atau Kepala Desa, Sekretaris dan calon kader keamanan pangan Desa," pungkasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga