Ini Kata Sultan soal Sail Tidore 2021

Husain Sjah Sultan Tidore || Foto: Istimewah

TIDORE - Dalam rangka menyambut pelaksanaan Sail Tidore pada bulan September 2021 mendatang, Sultan Tidore  Husain Sjah menghimbau kepada seluruh element masyarakat untuk bersama-sama mendukung apa yang telah digagas oleh Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dibawah kepemimpinan Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen.

Pasalnya, momentum tersebut merupakan momentum bersejarah yang telah mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat. Untuk itu, tidak ada alasan bagi warga Tidore untuk tidak mendukung kegiatan tersebut.

Selain Sail Tidore 2021, Sultan juga menyentil terkait dengan agenda kedatangan Kapal Latih Juan Sebastian De Elcano yang direncanakan berlabuh di kawasan pantai Tugulufa pada tanggal 27 Maret 2021, sebagai wujud memperingati 500 tahun perjalanan Juan Sebastian De Elcano dalam mengelilingi dunia. Kegiatan ini menjadi sebuah kehormatan bagi Tidore, sehingga perlu untuk dicontohkan dan disambut dengan baik. Karena mereka yang dari luar saja masih mengingat dan merawat dengan baik apa yang menjadi nilai sejarah.

" Kita harus mengambil contoh dari berbagai bangsa-bangsa dari luar yang masih merawat nilai-nilai sejarah. Karena sesuatu yang baik perlu dijaga dan dirawat agar bisa menjadi warisan bagi anak cucu," tegasnya saat dihubungi melalui telephone, Rabu (24/3/2021).

Meskipun dipadati dengan tugas-tugas kenegaraan, namun Sultan berjanji akan menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan penyambutan Kapal Latih. Bahkan iapun akan mengarahkan seluruh jajaran kesultanan sampai pada tingkat bobato adat untuk ikut mendukung kegiatan tersebut.

" Kegiatan yang bertepatan pasca Pilkada ini, bagi saya adalah sebuah anugerah besar yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua. Jadi momentum ini harus diambil untuk kita merajut kembali kebersamaan dan menyudahi perbedaan, agar tidak menghambat lajunya pembangunan di Tidore, karena saya melihat Pak Wali dan Wakil juga sudah membuka diri bagi semua pihak untuk membangun Tidore, ini adalah wujud pemimpin yang bijak dan arif," kata Sultan Tidore yang juga berkapasitas sebagai Anggota DPD RI ini.

Lebih lanjut, Sultan berharap, di momentum Sail Tidore 2021 nanti, Pemerintah Daerah mampu bergening dengan Pemerintah Pusat untuk membicarakan masa depan Kota Tidore Kepulauan. Karena Tidore, juga memiliki sejarah besar bagi Republik Indonesia yang harus diperhatikan secara baik oleh Pemerintah Pusat.

" Kita sudah berapa kali melakukan pertemuan dengan pemerintah pusat, saya bersama pak wali, pak sekda hingga ditindaklanjuti sampai saat ini. Maka dari itu, kegiatan ini menjadi starting point untuk kita bergerak lebih maju, karena Tidore punya banyak potensi yang perlu adanya campur tangan pemerintahan pusat dalam membantu pemerintahan daerah. Makanya kegiatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan Rakyat. Prinsipnya jika anak-anak muda mampu memahami soal ini secara komprehensif maka mereka tentu akan menghargai sejarah yang besar yang kita miliki saat ini," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga