Anggota DPD RI Dapil Malut Dukung Pembentukan Dua Kecamatan Baru di Tidore

Husain Sjah Anggota DPD RI Dapil Maluku Utara yang juga sebagai Sultan Tidore || foto: istimewah

TIDORE - Langkah Pemerintahan Daerah Kota Tidore Kepulauan yang akan membentuk dua Kecamatan baru di Kota Tidore Kepulauan, yakni Kecamatan Tidore Barat dan Kecamatan Pulau Maitara, mendapat apresiasi dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Dapil Maluku Utara, Husain Sjah.

Menurutnya harapan untuk membentuk Kecamatan Pulau Maitara sesungguhnya sudah lama diimpikan. Pasalnya, Maitara memiliki nilai-nilai historis yang patut diperhatikan secara baik sehingga perlu ditingkatkan statusnya menjadi Kecamatan.

"  Maitara memiliki banyak potensi yang bisa menjadi nilai tawar untuk Tidore kedepannya, baik secara historis maupun ekonomis, namun yang paling penting adalah nilai historisnya, karena di Maitara ada beberapa Sultan Tidore yang hidup di wilayah tersebut, seperti Sultan Zainal Abidin Syah," ungkapnya saat diconfirmasi melalui telephone, Rabu (24/3/2021).

Husain Sjah yang juga sebagai Sultan Tidore ini, mengajak kepada semua element masyarakat untuk mendukung langkah Pemkot Tidore Kepulauan untuk membentuk Kecamatan Pulau Maitara, termasuk DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Karena jika Maitara dibiarkan dengan status seperti saat ini yang dikelola oleh Desa, maka sulit bagi Maitara untuk berkembang. Olehnya itu, Sultan memberi apresiasi kepada Pemkot Tidore yang mau mempercepat status Pulau Maitara menjadi Kecamatan.

" Saya sangat mendukung langkah Pemkot, karena secara geografis Maitara berada di tengah-tengah dua Kota besar, yakni Ternate dan Tidore. Selain itu, semangat ini untuk memperpendek rentan kendali dalam melakukan pelayanan pemerintah. Jadi saya berharap persoalan ini DPRD juga mau membuka diri dan menindaklanjuti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga