Wawali Tidore Dukung Pembentukan Dua Kecamatan Baru

Muhammad Sinen Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan terpilih

TIDORE - Menindaklanjuti semangat pembentukan Kecamatan baru di Kota Tidore Kepulauan yang terdiri dari Kecamatan Tidore Barat dan Kecamatan Pulau Maitara sebagaimana yang disampaikan Hafid Ismail pada saat Musrembang terintegrasi di Desa Maitara Selatan pekan kemarin, mendapat respons positif dari orang nomor dua di Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Wakil Wali Kota Tidore, Muhammad Sinen, kepada sejumlah awak media menagaskan bahwa apa yang menjadi usulan masyarakat ini sudah harus ditindaklanjuti oleh Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tidore Kepulauan sebagai instansi terkait.

Pasalnya, jika pembentukan Kecamatan baru di Kota Tidore Kepulauan ini tidak bertentangan dengan regulasi, maka sudah sepatutnya untuk dieksekusi, tidak perlu menunggu arahan dari pimpinan.

" Soal wacana pembentukan Kecamatan baru ini sebenarnya sudah didorong jauh-jauh hari, diantaranya Kecamatan Tidore Barat dan Kecamatan Pulau Maitara. Jadi kalau dimungkinkan untuk dimekarkan, maka itu harus dilakukan," ungkapnya, Senin (22/3/2021).

Wawali bilang, untuk membentuk Kecamatan Baru khususnya Kecamatan Pulau Maitara ini sudah menjadi keinginannya semenjak ia menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan. Buktinya, pada saat itu, ia mendorong agar Pulau Maitara yang sebelumnya hanya terdapat dua Desa kini telah menjadi Empat Desa.

"Jika sudah ada persetujuan dari Mendagri maka secepatnya dilakukan kajian oleh Bagian Pemerintahan, sehingga ketika dibutuhkan itu hasil kajiannya sudah ada. Lagipula, semangat pemekaran ini untuk mempermudah rentang kendali dalam melayani masyarakat," tegasnya.

Wawali lantas mencotohkan Pulau Hiri yang berada di Kota Ternate, dimana saat ini Pulau tersebut sudah dibentuk menjadi Kecamatan. Olehnya itu, Bagian Pemerintahan sudah harus merespon akan hal ini untuk membentuk Kecamatan baru di Kota Tidore Kepulauan, baik itu Kecamatan Tidore Barat maupaun Kecamatan Pulau Maitara.

Senada disampaikan Kepala Desa Maitara Tengah, Muchlis Malagapi, ia mengaku bahwa soal pembentukan Kecamatan Pulau Maitara ini menjadi semangat bersama Empat Desa di Pulau Maitara.

Untuk itu dia berharap agar semangat yang lahir dari masyarakat ini dapat diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh Bagian Pemerintahan. Bahkan pihaknya selaku Pemerintahan Desa, juga sudah sangat siap untuk membantu Pemerintahan Daerah, guna menyiapkan segala administrasi yang dibutuhkan demi keperluan pemekaran Kecamatan Pulau Maitara.

" Yang pasti kami sangat mendukung dan berharap agar pulau Maitara dapat dibentuk menjadi Kecamatan," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga