Sekertaris Panitia Nasional Matangkan Pelaksanaan Sail Tidore 2021 dengan Panitia Daerah

Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Sail Tidore 2021

TIDORE - Pelaksanaan Sail Tidore 2021 terus dimatangkan oleh Pemerintah Pusat hingga ke Daerah. Hal itu dilihat dari rapat koordinasi yang dilakukan oleh Sekertaris Panitia Sail Tidore 2021 yang juga sebagai Sekertaris Jendral (Sekjend) Kementerian Perdagangan, Suhanto.

Suhanto dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan, pelaksanaan Sail Tidore 2021 salah satu sebagai upaya untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Senin (22/3/2021).

Suhanto mengatakan bahwa sesuai dengan putusan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi nomor 28 Tahun 2020 telah dibentuk Tim Panitia Pelaksana Sail Tidore 2021 yang diketuai oleh Menteri Perdagangan sebagai Ketua Tim Nasional dan melibatkan 24 Kementerian dan Lembaga dibagi dalam 13 Bidang.

" Sebelumnya kami sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi melalui virtual dengan Pak Wali, namun kami merasa kurang puas kalau belum lihat langsung di lapangan, sehingga pada hari ini kami mengundang Bidang-bidang terkait khususnya harus ada dilapangan pada saat acara puncak maupun sebelumnya," kata Suhanto.

Suhanto menambahkan, kegiatan Sail Tidore 2021 merupakan salah satu kegiatan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), sehingga keseriusan Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan Sail Tidore 2021 ini betul-betul berjalan dengan baik bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi yang terpenting adalah hasil untuk membawa dampak perekonomian khususnya di Maluku Utara baik di Kota Tidore maupun Kabupaten/kota lainnya.

" Kegiatan Sail Tidore 2021 juga salah satunya terdapat pameran, sehingga mulai sekarang dilakukan koordinasi dengan seluruh Kementerian/Lembaga agar menyiapkan program-program apa yang nantinya akan dipamerkan dievent ini, kami juga meminta agar dapat menggali produk unggulan yang ada di Provinsi Maluku Utara untuk dipamerkan pada event ini, karena harapan kami bukan hanya sekedar pameran tetapi bisa diangkat produk-produk ini untuk bisa dijual baik di tingkat Nasional maupun Internasional, akan tetapi jangan hanya terfokus di Kota Tidore saja namun perlu digali dari Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Maluku Utara sehingga bisa dipamerkan saat Sail Tidore nanti," ungkap Suhanto.

Pelaksanaan Sail Tidore 2021 memiliki arti penting bagi Pemerintah Provinsi Maluku
Utara. Pelaksanaan Sail Tidore direncanakan akan dimeriahkan kehadiran beberapa kapal asal Spanyol dan Portugal yang berlayar bertepatan dengan perjalanan keliling dunia untuk mengenang ekspedisi Magelhaens 500 tahun lalu. Pada acara puncak 23 September 2021, direncanakan wisatawan dari 100 negara akan datang ke Kota Tidore Kepulauan.

Sail Tidore 2021 akan mengusung tema " Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa" dijadwalkan akan diluncurkan pada 9 April 2021 di Kantor Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Jakarta. Rangkaian kegiatan “Road to Sail Tidore 2021” akan dilaksanakan selama April hingga Juni.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengatakan,  Sail Tidore 2021 akan berlangsung pada tanggal 22 sampai dengan 26 September 2021, namun dalam pelaksanaanya terkendala berbagai pembiayaan infrastruktur dan sarana penunjang lainnya.

" Sehingga kami sangat mengharapkan dukungan dari keseluruhan Pemerintah Pusat dalam membantu kelancaran acara dan persiapan infrastruktur Sail Tidore 2021 ini," harapnya.

Turut Hadir dalam rapat koordinasi Perwakilan dari 24 Kementerian terkait, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Idham Umasangaji, Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Utara Fasri Bachmid, KSOP Kelas II Ternate,  OPD Provinsi Maluku Utara, dan OPD Kota Tidore.

Penulis: Anto
Editor: Dano

Baca Juga