Serahkan LPPD, Pemprov Malut Apresiasi Pemkot Tidore

Kabag Pemerintahan Zulkifli Ohorella

TIDORE - Pemerintah Dearah Kota Tidore Kepulauan melalui Bagian Tata Pemerintahan menyerahkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2020 bertempat di Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Maluku Utara, Selasa (16/3/2021).

Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Zulkifli Ohorella saat diconfirmasi menyampaikan bahwa Dokumen LPPD Kota Tidore Kepulauan  Tahun 2020 merupakan dokumen yang disampaikan kepada Pemerintah Pusat melalui Gubernur sebagai bahan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilakukan pemerintah daerah setiap tahunnya.

Zulkifli juga menambahkan LPPD ini ibarat raport pemerintah daerah yang menjadi ukuran dan penilaian apakah suatu daerah dikatakan berhasil atau gagal. Kalau hasil evaluasi LPPD dinilai baik dan berhasil, maka diberikan penghargaan dan reward dari pemerintah pusat akan diberikan kepada daerah termasuk syarat pemberian TPP dan dukungan Dana Insentif Daerah.

“ Kalau hasil evaluasi LPPD dinilai gagal oleh pemerintah daerah, maka kepala daerah diberikan sanksi berupa mengikuti program pembinaan khusus pendalaman bidang pemerintahan yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri “ tutur Zulkifli.

LPPD Kota Tidore Kepulauan yang disampaikan ini memuat capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan. Menurut PP 13 Tahun 2019 Tentang Laporan Dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, capaian kinerja memuat capaian kinerja makro, capaian kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan dan capaian akuntabilitas kinerja pemerintahan daerah.

Selain itu LPPD Kota Tidore Kepulauan juga memuat laporan Standar Pelayanan Minimal dari OPD pelaksana urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. “ Terima kasih untuk Biro Pemerintahan Provinsi atas apresiasi dan kerjasamanya, kami mengharapkan LPPD ini dapat dinilai dan dievaluasi secara baik dan profesional serta mendapatkan hasil terbaik di Maluku Utara” tutup Zulkifli.

Sementara Kepala Bagian Otonomi Daerah pada Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Maluku Utara, Taufiqurrahman Marasabessy mengatakan," Bahwa Laporan LPPD Kota Tidore Kepulauan sudah masuk, kami memberikan apresiasi untuk Kota Tidore atas penyampaian LPPD-nya, tim work yang luar biasa," pungkasnya.                                        

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga