Pemuda Pancasila Tidore Desak Polda dan Kejati Lidik LHKPN Oknum Pegawai DKP Malut

Andre Teny Wakil Ketua Bidang Polhukam Pemuda Pancasila Tidore

TIDORE - Pemuda Pancasila Kota Tidore Kepulauan mendesak Polda dan Kejaksaan Tinggi Maluku Utara untuk segara melakukan pemeriksaan atas Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) salah satu pejabat eselon IV yang berinisial R dilingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara.

Andre Teny Wakil Ketua Bidang Polhukam Pemuda Pancasila Tidore kepada wartawan media mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkan Pemuda Pancasila dari internal Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara bahwa salah satu Pejabat Eselon IV dengan inisial R tersebut memiliki kekayaan yang tidak wajar.

" Setelah di selidiki ternyata informasi tersebut mendekati kebenaran, karena pejabat eselon IV tersebut memiliki dua rumah yang terletak di Kota Ternate dan punya satu mobil tipe toyota Fortuner," pungkasnya, Selasa (16/3/2021).

Andre Teny lantas mempertanyakan kekayaan yang tidak wajar tersebut. Apa benar seorang PNS Eselon IV bisa miliki aset sebanyak itu yg di taksir bernilai milyaran rupiah, jika benar aset tersebut perlu diselidiki atas nama siapa atau atas nama yang bersangkutan.

" Kalau atas nama yang bersangkutan (R) maka cara memperolehnya pasti tidak wajar tetapi kalau aset tersebut atas nama keluarganya makan masuk dalam kategori Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan yang bersangkutan telah melakukan manipulasi atas LHKPN," ungkapnya.

Dengan demikian, Andre meminta agar aparat penegak hukum menelusuri hal tersebut," Bahkan menurut informasi yang diperoleh dari internal DKP bahwa yang bersangkutan mengatur setiap kegiatan yang ada di DKP Malut termasuk pengadaan dan pembagian kapal penangkap ikan Inka Mina,"

Dia menegaskan, Pemuda Pancasila Kota Tidore Kepulaua akan mengumpulkan data dan bukti terkait dengan dugaan tersebut," Saat ini kami telah mengantongi data awal terkait dengan siapa oknum PNS DKP tersebut," ujarnya.

Andre juga meminta kepada Gubernur Maluku Utara untuk mengecek informasi ini, sehingga DKP Malut tidak tercoreng nama baiknya," Kami akan terus mengawal setiap kegiatan yang dilakukan oleh DKP Malut sehingga manfaat dari kegiatan benar-benar dapat di rasakan oleh masyarakat terutama masyarakat nelayan Maluku Utara," tukasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga