Izin PT. Sanatova Anugerah sampai 2026, Isra Muksin: Ini Kesempatan Bagi Masyarakat

Isra Muksin

TIDORE - Izin PT. Sanatova Anugerah untuk melakukan eksplorasi/aktivitas pertambangan di Kota Tidore Kepulauan diketahui sampai pada 18 Maret 2026.

Perusahaan yang bergerak pada bidang pertambangan logam emas ini berlokasi di Dusun Paceda Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, PT. Sanatova Anugerah diketahui melakukan eksplorasi pada lahan seluas 9063 hektare, yang saat ini sudah masuk pada tahapan kegiatan operasi produksi.

PT. Sanatova Anugerah sendiri pada tahun 2017 lalu, sempat dihentikan aktivitas pertambangannya, lantaran masuk dalam daftar 27 IUP bermasalah, kini sudah kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Kehadiran PT. Sanatova Anugerah diharapkan tidak mengambil hak kepemilikan tanah masyarakat sekitar, khususnya di Kecamatan Oba Tengah.

Lahan seluas 9063 hektare di daratan Oba yang digarap PT. Sanatova, dinilai membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan.

" Apa salahnya jika kita punya potensi Sumber Daya Alam (SDA) digarap untuk kepentingan masyarakat, sehingga jika ada kelompok tertentu yang menolak keberadaan Sanatova bagi saya itu tindakan berlebihan," kata Isra Muksin salah satu putra Oba, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, PT Sanatova Anugrah yang melakukan eksplorasi pertambangan di Kota Tidore Kepulauan merupakan kesempatan besar bagi masyarakat yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan karena keberadaan industri in akan membuka lapangan kerja.

" Maka serapan tenaga kerja sektor pertambangan meningkat. Sebab, saya melihat fonemena beberapa tahun terakhir serapan tenaga kerja di Kota Tidore Kepulauan masih didominasi sektor pertanian dan perkebunan. Maka dengan adanya Sanatova, membuka kesempatan kerja baru bagi masyarakat kita," ungkap Isra Muksin.

Isra mengatakan, kehadiran PT. Sanatova Anugerah juga bisa mengurangi angka kemiskinan di Kota Tidore Kepulauan," Berdasarkan hal tersebut maka keberadaan sanatova tidak perlu diperdebatkan," tuturnya.

Untuk itu, Isra berharap agar masyarakat bisa memberikan kesempatan kepada PT. Sanatova Anugerah untuk melakukan aktivitas pertambangannya, lantaran sudah mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

" Menurut saya, keberadaan investasi di daerah ini maka sektor pariwisata, sektor jasa juga ikut berkembang karena pasti ada multi player efek dan sangat berdampak positif kepada ekonomi masyarakat, terutama lingkar tambang," tuturnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga