Warga Binaan Rutan Kelas IIB Soasio Terciduk Bawa Ganja

Warga binaan FJ saat diamankan oleh Tim Resmob Cobra Kie Matubu

TIDORE - FJ salah satu warga binaan pemasyarakatan di Rutan kelas IIB Soasio terciduk memiliki narkotika jenis ganja seberat 16,23 gram.

Narapidana kasus narkotika berinisial FJ (27) diketahui asal Kelurahan Indonesiana, Kota Tidore Kepulauan.

Peristiwa itu terungkap dari kerjasama antara pihak Rutan kelas IIB Soasio bersama tim Resmob Cobra Kie Matubu Polres Tidore, pada Senin 22 Februari 2021 kemarin.

Saat itu, karena Covid-19, pihak Rutan membatasi jumlah tahanan. Sehingga FJ dititipkan di sel tahanan Polres. Setelah itu, FJ dibawa kembali ke Rutan kelas IIB Soasio. Hanya saja, saat hendak dimasukan ke dalam Rutan, petugas Rutan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan FJ.

Akhirnya, petugas menemukan 1 linting ganja di dalam tas bawaannya. Mendapati hal itu, petugas Rutan kemudian melaporkan ke Polres Tidore. FJ kemudian dibawa ke Polres Tidore untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan, personel Sat Reskrim Tidore akhirnya melakukan penggeledahan di rumahnya dan disaksikan oleh Sekretaris Kelurahan.

Alhasil, polisi menemukan daun, batang dan biji diduga ganja yang disimpan di lemari bagian dapur dan kamar milik FJ. Barang bukti tersebut kemudian diamankan ke Polres.

Kasat Reskrim Polres Tidore, Iptu Redha Astrian mengatakan, saat ini barang bukti berupa 1 linting diduga narkotika jenis ganja kering dengan berat bruto 0,53 gram, 1 buah tas jinjing warna biru, 2 sachet sedang diduga biji, batang dan daun narkotika jenis ganja kering dgn berat bruto 15,69 gram, 1 pack plastik bening dan 1 buah kaleng rokok merk Gudang Garam telah diamankan.

" Atas perbuatan itu FJ telah ditetapkan sebagai tersangka dan dikenakan Pasal 111 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Saat dilakukan pemeriksaan urine juga positif,” ungkap Kasat.

Kasat juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Rutan kelas IIB Soasio yang telah bekerjasama dalam memberantas peredaran narkotika di Tidore.

“ Semoga kerjasama dan koordinasi ini semakin erat dan terjalin semakin baik,” tandasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Dano

Baca Juga