Gandeng Tiga Kementerian Kroyok RPJMD

Syofyan Saraha Kepala Bapelitbang Tidore Kepulauan

TIDORE - Untuk melakukan penyusunan Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tidore Kepulauan untuk Lima tahun kedepan. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Tidore Kepulauan bakal melakukan kerjasama dengan tiga Kementerian untuk memboboti isi daripada RPJMD tersebut, yang sudah tentu mengacu kepada visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih yakni Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen pada Periode 2021-2024.

Hal ini disampaikan Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan, Sofyan Saraha saat diconfirmasi, Dia mengatakan dari tiga Kementerian yang akan dilibatkan dalam Tim Penyusunan RPJMD ini diantaranya Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Ditjen Bangda Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) dan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas).

" Keterlibatan perwakilan dari Menpan ini agar mereka dapat menilai lakip dan menentukan indikator untuk mensukseskan visi misi AMAN Jilid II, Sementara untuk Ditjen Bangda mereka akan memboboti sesuai dengan regulasi Permendagri 86, dan Bappenas untuk menjamin konfektifitas penyusunan RPJMD Kota Tidore Kepulauan dengan program nasional. Jadi masing-masing Kementerian ini kami minta masing-masing 1 orang untuk masuk sebagai Tim ahli, dan untuk saat ini sudah ada kepastian dari Menpan, untuk dua kementrian lainnya kami mash membangun komunikasi lanjutan," jelasnya, Kamis (25/2/2021).

Tujuan untuk melibatkan tiga Kementerian dalam penyusunan RPJMD Kota Tidore Kepulauan ini, kata Sofyan guna meningkatkan kualitas RPJMD sehingga dalam pelaksanaan program dimasa Pemerintahan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen pada periode ke dua ini, tidak keluar dari Visi Misi yang telah dicanangkan untuk Membangun Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi.

" Selain keterwakilan dari Tiga Kementrian, kami juga melibatkan pihak akademisi baik dari Tidore dan Ternate. Karena saat ini kami sudah membentuk Tim Penyusun di Internal Bapelitbang," ujarnya.

Lebih lanjut, Sofyan menambahkan bahwa penyusunan RPJMD ini aka dimulai pada saat pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpipih sebagaimana ketentuan yang berlaku. "Saat ini kami sudah membentuk Tim Penyusun di Internal Bapelitbang, dan mereka sementara godok dan merancang RPJMD," tambahnya.

Penulis: Daffa
Editor: Red

Baca Juga