Kawal Pembangunan Tidore, Ketua DPRD Bangun Kerjasama Dengan Gp-Ansor

Foto bersama Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Ahmad Ishak (tengah) bersama dengan pengurus dan peserta PKD Gp-Ansor

TIDORE - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan, Ahmad Ishak berkomitmen untuk membangun kerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor Kota Tidore Kepulauan dalam rangka mengawal proses pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, maupun Pemerintah Desa.

Politisi PDIP Kota Tidore Kepulauan itu menaruh harapan besar kepada Organisasi GP. Ansor agar bisa menjadi organisasi pembeda, sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat yang dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai pada tingkat Kota.

Pasalnya, selama ini Ahmad menilai setiap proses pembangunan yang ada di Kota Tidore Kepulauan khusunya di tingkat Desa, masih jauh dari harapan bersama. Untuk itu ia mengajak kepada GP. Ansor Kota Tidore Kepulauan agar bisa ikut ambil bagian dan berpartisipasi dalam setiap proses perencanaan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Hampir sebagian besar proses pembahasan APBDes di setiap Desa yang berada di Kota Tidore Kepulauan khusunya di Kecamatan Oba Tengah terkesan belum berjalan secara maksimal, olehnya itu saya berharap Ansor khusunya PAC Oba Tengah agar bisa terlibat dan mengawal proses pembahasan APBDes sebagai dokumen publik yang menggambarkan tentang pembangunan di Desa," ungkapnya saat menghadiri kegiatan PKD PAC. GP. Ansor di Kecamatan Oba Tengah, Minggu (14/2/2021).

Selain itu, Ahmad juga menyentil terkait dengan keterlibatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD sebagaimana yang diatur dalam permendagri belum berjalan secara maksimal. Padahal posisi BPD itu, kata dia, setara dengan DPRD. Sehingga selama ini, terkesan tugas BPD lebih cenderung melaksanakan proses Pilkades.

"Mari kita sama-sama menghentikan penyusunan APBDes dengan memikirkan keuntungan lebih dulu. Desa tidak akan maju jika kepala desa beserta perangkatnya punya mental seperti itu," ajaknya.

Ahmad berjanji untuk menindaklanjuti komitmennya dalam membangun Desa, ia bakal membantu Gerakan Pemuda Ansor Kota Tidore Kepulauan untk membentuk Pengurus Ranting di Semua Desa dan Kelurahan yang berada di Kecamatan Oba Tengah.

"Saya merasa sangat terhormat ketika diundang untuk membawa materi di Organisasi Ansor, insya allah kedepan saya akan membantu GP. Ansor untuk membentuk Pengurus Ranting di Kecamatan Oba Tengah," tegasnya.

Penulis: Daffa
Editor: Red

Baca Juga