Disperindagkop dan UKM Berhasil Genjot PAD 1 Miliar

Saiful Bahri Latif Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Tidore Kepulauan

TIDORE - Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM (Disperindagkop) Kota Tidore Kepulauan, dibawah kepemimpinan Saiful Bahri Latif selaku Kepala Dinas, sukses menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga menembus angka 1 Miliar pertahun.

PAD tersebut masuk melalui instansi yang dia pimpin sejak tahun 2017 hingga 2020. Pasalnya ditahun-tahun sebelumnya, PAD Disperindagkop Kota Tidore Kepulauan hanya berkisar diangka Rp. 600 juta.

“Saya mulai menjabat itu di tahun 2017, dan ditahun tersebut peningkatan PAD itu sudah menjadi prioritas, makanya kami berupaya untuk mencapai target hingga menyentuh angka milyaran. Jadi pada tahun 2017 sampai 2019 itu PAD berkisar sampai di angka 1,3 Miliar. Dan di tahun 2020 ini sedikit mengalami penurunan karena adanya pandemi Covid-19, namun nilainya masih berada pada posisi 1, Miliar,” ungkapnya, Jum'at (12/2/2021).

Saiful menjelaskan, adanya peningkatan PAD Disperindagkop Kota Tidore Kepulauan ini, karena pada masa kepemimpinannya telah diterapkan kebijakan penarikan retribusi sewa ruko untuk Pasar Sarimalaha melalui satu pintu, dan itu dilakukan kerjasama dengan pihak Bank sehingga meminimalisir adanya kebocoran anggaran.

“Kebijakan melakukan pembayaran retribusi melalui Bank ini agar tidak ada kebocoran anggaran, selain dari itu kebijakan ini juga bisa mengefisiensikan anggaran dalam hal pembiayaan penagihan bagi petugas,” jelasnya.

Untuk peningkatan PAD melalui Disperindagkop Tidore Kepulauan, kata Saiful bersumber dari retribusi di setiap pasar yang berada di pulau Tidore dan daratan Oba.

Penulis: Daffa
Editor: Red

Baca Juga